Penyebab telapak tangan berkeringat dan cara mengatasinya

Senin, 26 Oktober 2020 | 14:23 WIB   Penulis: Belladina Biananda
Penyebab telapak tangan berkeringat dan cara mengatasinya

ILUSTRASI. Telapak tangan berkeringat disebabkan karena hiperhidrosis. By. Shutterstock


KONTAN.CO.ID - JAKARTA. Telapak tangan berkeringat adalah suatu hal yang normal, apalagi jika cuaca panas atau Anda sedang gugup menghadapi sesuatu. Namun, jika keringat keluar tanpa alasan yang jelas, Anda patut waspada. Kondisi kesehatan Anda mungkin bermasalah sehingga Anda perlu melakukan perawatan yang tepat.

Penyebab Telapak Tangan Berkeringat

Keringat berlebih yang muncul di telapak tangan menandakan bahwa Anda mengalami hiperhidrosis. Hiperhidrosis adalah kondisi di mana kelenjar keringat bekerja secara berlebihan sehingga keringat yang diproduksi pun banyak.

Healthline (healthline.com) mengatakan, hiperhidrosis tak ada kaitannya dengan suhu di mana Anda berada atau kegiatan yang Anda lakukan. Anda bisa berada di lingkungan dengan suhu rendah dan tidak melakukan apa-apa, tapi telapak tangan tetap berkeringat.

Sebagian orang tak mengganggap kondisi ini terlalu serius. Namun, hiperhidrosis bisa jadi awal masalah kesehatan yang lebih parah. Misalnya, diabetes, serangan jantung, sistem saraf bermasalah, atau infeksi.

Baca Juga: 4 Cara terbaik menghilangkan bau kaki

Jika hiperhidrosis menjadi tanda masalah kesehatan yang lebih serius, biasanya Anda akan mengalami gejala yang lain, seperti demam, mual, dan nyeri dada. Jika Anda mengalami gejala tersebut, segera periksakan diri ke dokter, apalagi jika kondisi Anda telah mengganggu kegiatan sehari-hari.

Cara Mengatasi Telapak Tangan Berkeringat

Jika kondisi telapak tangan yang berkeringat belum terlalu parah dan Anda tak mengalami gejala lain, kondisi tersebut bisa Anda atasi sendiri. Beberapa cara yang bisa Anda lakukan adalah sebagai berikut.

  • Antiperspiran

Selain dipakai di ketiak, antiperpiran juga bisa mencegah keluarnya keringat di area tubuh yang lain, termasuk di telapak tangan. Healthline mengatakan agar perspiran digunakan di malam hari agar tangan mampu menyerap antiperspiran secara maksimal.

Baca Juga: Catat, inilah gejala dan penyebab kelenjar getah bening

  • Baking Soda

Salah satu bahan alami yang bekerja seperti deodoran dan antiperspiran adalah baking soda. Anda bisa mendapatkan baking soda secara mudah dan murah sehingga masalah keringat berlebih di telapak tangan bisa diatasi dengan baik.

Baking soda mengandung alkalin yang mampu mengurangi dan membuat keringat menguap lebih cepat. Caranya, campurkan beberapa sendok teh baking soda dengan air hingga berbentuk pasta. Gosokkan pada tangan, diamkan selama lima menit, lalu bilas dengan air.

  • Cuka Apel

Cuka apel bisa Anda gunakan untuk mengembalikan pH kulit sehingga keringat di telapak tangan berkurang. Anda perlu menggosokkan cuka apel pada telapak tangan, lalu diamkan selama semalaman agar menyerap dengan baik.

Selanjutnya: 3 Cara menghilangkan bau ketiak yang efektif, bisa pakai bahan alami

Editor: Belladina Biananda


Terbaru