Kesehatan Umum

4 Cara terbaik menghilangkan bau kaki

Jumat, 16 Oktober 2020 | 10:11 WIB   Penulis: Belladina Biananda
4 Cara terbaik menghilangkan bau kaki

ILUSTRASI. Ada beberapa cara terbaik untuk menghilangkan bau kaki./Pho KONTAN.Carolus Agus Waluyo/04/06/2012.

KONTAN.CO.ID - JAKARTA. Suhu tubuh dan lingkungan yang meningkat membuat Anda memproduksi lebih banyak keringat. Tak terkecuali bagian kaki Anda. Jika dibiarkan, keringat bisa menimbulkan bau, apalagi saat Anda menggunakan sepatu ketat. Untuk mengatasi itu, cara menghilangkan bau kaki berikut patut Anda coba.

Jaga Kaki agar Tetap Kering

Cara menghilangkan bau kaki selanjutnya yang bisa Anda lakukan adalah dengan menjaga kondisinya agar tetap kering. Anda bisa memilih kaus kaki atau sepatu yang terbuat dari katun agar kaki tak berkeringat dan lembab.

Jika Anda melakukan kegiatan yang menggunakan kaus kaki dan sepatu seharian, cobalah untuk membawa kaus kaki cadangan. Anda bisa mengganti kaus kaki yang sudah basah karena keringat saat istirahat di siang hari.

Gunakan Disinfektan

Menurut Cleveland Clinic, bau kaki juga bisa hilang jika Anda menggunakan disinfektan. Bisa saja bau kaki bukan berasal dari keringat yang muncul di kaki, tapi dari bakteri di sepatu. Anda bisa menyemprotkan disinfektan pada sepatu dan biarkan selama 24 jam sampai disinfektan mengering.

Baca Juga: Wajib coba! Inilah 5 cara menghilangkan bau mulut

Rendam Kaki di Air Garam

Menghilangkan bau kaki bisa dengan merendam kaki dalam larutan garam.

Bau kaki terjadi saat bakteri berkontaminasi dengan keringat. Jika dibiarkan, tak hanya bau yang akan muncul, tapi masalah kesehatan lainnya, seperti kutu air. Hal itu bisa Anda cegah dengan merendam kaki.

Cleveland Clinic (health.clevelandclinic.org) mengatakan, Anda bisa menggunakan larutan air dan cuka atau air dan epsom salt (garam inggris). Anda juga menghilangkan bau kaki saat mandi dengan menggosok sela jari-jari kaki dengan lap basah.

Jika Anda ingin merendam kaki dalam larutan cuka, campurkan air dan cuka dengan perbandingan 2:1 dalam sebuah wadah. Rendam kaki pada larutan itu selama 15 hingga 20 menit. Anda bisa melakukannya sebanyak satu kali dalam satu minggu.

Baca Juga: 3 Cara menghilangkan bau ketiak yang efektif, bisa pakai bahan alami

Selain itu, Anda juga bisa membuat larutan garam inggris dengan mencampur setengah gelas garam inggris dalam sebuah wadah yang sudah terisi air hangat. Rendam kaki Anda selama 10 hingga 20 menit. Garam inggris akan melembabkan kulit sehingga bakteri tak mampu bertahan.

Pakai Antiperspirant

Selain cara-cara di atas, Anda juga dapat menggunakan obat yang dijual di pasaran untuk menghilangkan bau kaki, misalnya antiperpirant. Anda bisa memakai antiperspirant yang biasa dipakai di ketiak untuk menghindari keringat berlebih di kaki.

Selanjutnya: 4 Cara menghilangkan bau badan yang mudah dilakukan

Editor: Belladina Biananda


Terbaru