Kesehatan Umum

Wajib coba! Inilah 5 cara menghilangkan bau mulut

Rabu, 09 September 2020 | 10:24 WIB   Penulis: Belladina Biananda
Wajib coba! Inilah 5 cara menghilangkan bau mulut

ILUSTRASI. Cara menghilangkan bau mulut perlu dilakukan agar ta mengganggu kegiatan sehari-hari.

KONTAN.CO.ID - JAKARTA. Memiliki bau mulut tak sedap adalah suatu hal yang mengganggu. Beberapa orang bahkan merasa tak percaya diri jika bau mulutnya tak sedap. Cara menghilangkan bau mulut harus segera dilakukan untuk menyelesaikan masalah itu.

Rajin Sikat Gigi

Mengutip dari Web MD, bau mulut tak sedap disebabkan oleh bakteri yang ada dalam mulut. Bakteri tersebut semakin membuat masalah karena adanya plak dan sisa makanan yang tertinggal di sela-sela gigi.

Cara menghilangkan bau mulut bisa Anda lakukan dengan rajin menyikat gigi dan memakai benang gigi. Jika Anda benar-benar terganggu dengan bau mulut, Anda dapat melakukannya lebih sering. Namun, jangan melakukannya terlalu keras agar tak merusak kondisi gigi.

Pakai Obat Kumur

Selain menyegarkan, obat kumur juga ampuh membasmi bakteri penyebab bau mulut tak sedap. Anda bisa melakukan cara menghilangkan bau mulut ini setiap hari. Jika tak memungkinkan untuk memakai obat kumur, Anda bisa menggunakan air biasa untuk berkumur setiap habis makan.

Baca Juga: 3 Penyebab gusi bengkak yang perlu diketahui

Hindari Jenis Makanan Tertentu

Cara menghilangkan bau mulut selanjutnya yang disarankan Web MD adalah dengan menghindari jenis makanan tertentu. Bawang putih dan bawang merah adalah salah satu jenis makanan yang membuat bau mulut tak sedap.

Kandungan dalam bawang merah dan bawang putih masuk ke aliran darah yang mengalir ke paru-paru. Itulah yang menyebabkan bau mulut menjadi tak sedap. Menyikat gigi tak bisa menghilangkan bau mulut, jadi Anda benar-benar harus menghindarinya.

Berhenti Merokok

Tak hanya menyebabkan kanker dan penyakit pernapasan lainnya, merokok juga mengganggu kesehatan gigi dan mulut. Asap rokok mampu merusak gusi, membuat gigi menguning, dan menyebabkan bau mulut tak sedap.

Baca Juga: 3 Cara menghilangkan karang gigi secara alami

Cara menghilangkan bau mulut tentu saja dengan berhenti merokok. Jika Anda merasa kesulitan untuk berhenti, Anda bisa berkonsultasi pada dokter untuk mendapat obat atau program berhenti merokok yang sesuai.

Permen Karet Tanpa Gula

Cara menghilangkan bau mulut lainnya adalah dengan mengunyah permen karet tanpa gula. Bakteri dalam mulut menyukai gula sehingga gigi menjadi lebih mudah rusak dan bau mulut tak sedap. Mengunyah permen karet tanpa gula menstimulasi air liur yang jadi mekanisme pertahanan alami untuk mengatasi hal itu.

Selanjutnya: Mudah dilakukan, inilah cara mengobati sakit gigi berlubang

Editor: Belladina Biananda
Terbaru