Mudah dilakukan, inilah cara mengobati sakit gigi berlubang

Rabu, 02 September 2020 | 12:50 WIB   Penulis: Belladina Biananda
Mudah dilakukan, inilah cara mengobati sakit gigi berlubang

ILUSTRASI. Menjaga kebersihan mulut dan menggunakan sikat gigi yang benar bisa jadi cara mengobati sakit gigi berlubang.


KONTAN.CO.ID - Sama seperti bagian tubuh lain yang sakit, gigi berlubang juga perlu mendapat perhatian dan perawatan. Ada banyak cara mengobati sakit gigi berlubang.

Mengobati sakit gigi berlubang bisa Anda lakukan dengan menjaga kebersihan mulut dan mengubah kebiasaan sehari-hari. Nah, berikut cara mengobati sakit gigi berlubang: 

Ubah kebiasaan makan

Cara mengobati sakit gigi berlubang bisa dilakoni dengan mengubah kebiasaan makan dan jenis makanan yang Anda konsumsi.

Sebuah penelitian yang dipublikasikan dalam The British Medical Journal menyebutkan, pembusukan gigi berkurang dengan mengganti makanan yang dikonsumsi.

Mengutip Bright Side, sebaiknya Anda minum lebih banyak kalsium sebagai komponen utama gigi. Konsumsi dairy product setiap hari, seperti susu, keju, yogurt, dan lain-lain. Selain itu, hindari makanan atau minuman dengan pemanis buatan.

Baca Juga: Gawat! Kesehatan gigi dan mulut menurun saat pandemi Virus Corona

Kunyah permen karet

Mengunyah permen karet bisa Anda lakukan sebagai cara mengobati sakit gigi berlubang. Namun, pastikan permen karet yang Anda kunyah tidak mengandung gula, ya. Permen karet tanpa gula mengandung xylitol sebagai pemanis alami.

Tak seperti makanan, permen karet tidak menyebabkan pertumbuhan bakteri dalam mulut. Ditambah lagi, mengunyah permen karet bisa meningkatkan produksi air liur sehingga banyak sisa makanan yang bisa terbuang.

Ganti sikat gigi

Cara mengobati sakit gigi berlubang bisa dengan mengganti sikat gigi. Bulu sikat gigi yang tak diganti secara rutin mengalami kerusakan sehingga kotoran gigi tak bisa dibersihkan dengan benar.

Selain perlu rutin mengganti sikat gigi, memilih ukuran sikat gigi yang benar juga penting untuk Anda lakukan. Menurut Bright Side, sebaiknya Anda memilih sikat gigi berukuran kecil hingga sedang.

Tapi, pastikan bulu sikat gigi bisa menjangkau bagian gigi terdalam agar tidak ada sisa makan yang tertinggal untuk dibersihkan.

Baca Juga: 3 Obat sakit gigi dari bahan alami, bisa Anda coba

Rutin mengunjungi dokter gigi

Mengunjungi dokter gigi adalah cara mengobati sakit gigi berlubang yang cukup efektif. Dokter gigi bisa memberikan perawatan yang tepat sesuai dengan kondisi Anda.

Dengan rutin ke dokter gigi, masalah gigi bisa dideteksi lebih awal sehingga perawatan juga dapat Anda lakukan dengan lebih cepat.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Editor: Belladina Biananda

Terbaru