Tips Sehat

3 Cara menghilangkan bau ketiak yang efektif, bisa pakai bahan alami

Kamis, 15 Oktober 2020 | 10:03 WIB   Penulis: Belladina Biananda
3 Cara menghilangkan bau ketiak yang efektif, bisa pakai bahan alami

ILUSTRASI. Cara menghilangkan bau ketiak perlu segera dilakukan agar Anda percaya diri./Pho KONTAN/Carolus Agus Waluyo/02/04/2012.

KONTAN.CO.ID - JAKARTA. Ketiak merupakan salah satu bagian tubuhyang menghasilkan banyak keringat. Saat tercampur dengan bakteri, keringat tersebut memunculkan bau yang tidak sedap. Cara menghilangkan bau ketiak berikut wajib dicoba agar seseorang tak kehilangan kepercayaan dirinya.

Ubah Kebiasaan Sehari-Hari

Menjaga kebersihan diri bisa mengurangi pertumbuhan bakteri yang menyebabkan keringat menjadi bau. Thompson Tee (thompsontee.com) merekomendasikan beberapa cara menghilangkan bau ketiak yang bisa Anda coba.

Pertama, cuci baju secara rutin. Jangan gunakan baju yang sudah tercampur dengan keringat. Meski Anda mengeringkannya beberapa hari, tapi tak dicuci, masih ada bakteri yang melekat di baju tersebut.

Usahakan untuk segera mencuci baju setelah Anda berkeringat. Gunakan pula baju bersih setiap Anda ingin berolah raga atau melakukan aktivitas fisik lainnya.

Baca Juga: Cara menghilangkan biang keringat menggunakan bahan alami

Selain menggunakan baju bersih, cara menghilangkan bau ketiak yang kedua adalah dengan rajin mencukur bulu ketiak. Bulu ketiak yang tak terurus bisa jadi sarang pertumbuhan bakteri. Selain itu, kelembaban ketiak juga akan terganggu karenanya.

Ketiga, bau ketiak bisa hilang jika Anda rajin mandi. Usahakan untuk mandi minimal satu kali dalam sehari. Sabun dengan pewangi yang kuat bisa membuat bau ketiak menjadi lebih parah. Jadi, pakailah sabun tanpa pewangi dan mengandung antibakteri.

Hindari Jenis Makanan Tertentu

Cara menghilangkan bau ketiak bisa dengan menghindari konsumsi brokoli.

Thompson Tee mengatakan, beberapa jenis makanan bisa membuat bau ketiak semakin tidak sedap. Beberapa jenis makanan yang perlu Anda hindari adalah daging merah, sayuran cruciferous, dan ikan.

Daging merah sulit dicerna dalam tubuh dan akan meninggalkan residu dalam usus. Enzim dalam usus akan memecah residu tersebut yang mana bercampur dengan bakteri sehingga bau ketiak menjadi tidak sedap.

Hal yang sama jug aterjadi saat Anda mengonsumsi sayuran cruciferous. Beberapa sayuran yang termasuk dalam jenis itu adalah brokoli dan kubis. Mereka mengandung sulfur yang akan diserap tubuh dan dikeluarkan melalui kulit. Akhirnya, bau badan Anda menjadi tak sedap selama beberapa waktu.

Baca Juga: 4 Cara menghilangkan bau badan yang mudah dilakukan

Gunakan Bahan Alami

Cara menghilangkan bau ketiak juga bisa Anda lakukan dengan menggunakan bahan-bahan alami. Salah satu bahan alami yang bisa Anda pakai adalah cuka apel karena mengandung antimikroba. Kandungan itu akan membasmi bakteri penyebab bau dan menetralkan daerah ketiak.

Caranya, celupkan kapas pada cuka apel lalu oleskan cuka apel pada ketiak. Anda bisa melakukan cara ini sebanyak dua kali dalam sehari untuk mendapat hasil yang maksimal. Selain cuka apel, Anda juga bisa menggunakan air lemon atau witch hazel.

Selanjutnya: 5 Cara efektif mengatasi keringat berlebih

Editor: Belladina Biananda


Terbaru