Kesehatan Umum

Cara menghilangkan biang keringat menggunakan bahan alami

Jumat, 04 September 2020 | 08:16 WIB   Penulis: Belladina Biananda
Cara menghilangkan biang keringat menggunakan bahan alami

ILUSTRASI. Cara menghilangkan biang keringat dilakukan agar Anda tak lagi merasa gatal. Seseorang sedang terkena gatal-gatal.

KONTAN.CO.ID - JAKARTA. Biang keringat bisa muncul di area kulit mana saja dalam bentuk ruam atau benjolan kemerahan. Meski bisa sembuh dengan sendirinya, cara menghilangkan biang keringat perlu dilakukan agar sensasi terbakar, rasa tidak nyaman, dan gatal bisa segera hilang.

Medical News Today menyebutkan ada beberapa penyebab biang keringat. Mulai dari lingkungan panas dan lembab, memakai baju yang terlalu ketat, istirahat di tempat tidur terlalu lama, hingga olahraga yang intens.

Biang keringat terjadi saat keringat tak bisa keluar dari saluran ke permukaan kulit sehingga menyebabkan inflamasi pada pori-pori. Umumnya, biang keringat ditemukan pada bayi karena kelenjar keringatnya belum berkembang dengan baik. Cara menghilangkan biang keringat berikut bisa Anda coba untuk mengatasi masalah itu.

Kompres Dingin

Salah satu cara menghilangkan biang keringat terbaik adalah menggunakan kompres dingin. Kompres dingin bisa mengurangi rasa gatal, bengkak, dan kemerahan akibat biang keringat. Sebaiknya, jangan terlalu lama menggunakan kompres dingin.

Baca Juga: 4 Cara menghilangkan bau badan yang mudah dilakukan

Cara menghilangkan biang keringat ini bisa dilakukan selama 5 – 10 menit, kemudian lepaskan kompres dari kulit untuk waktu yang sama. Ulangi lagi cara tersebut sampai beberapa kali.

Calamine Lotion

Cara menghilangkan biang keringat selanjutnya bisa dilakukan menggunakan calamine lotion. Calamine lotion dapat menghilangkan rasa gatal di kulit. Namun, calamine lotion juga membuat kulit kering, jadi sebaiknya gunakan pula pelembab kulit.

Aloe Vera

Medical News Today mengatakan bahwa cara menghilangkan biang keringat bisa menggunakan aloe vera. Ada banyak manfaat aloe vera untuk kulit, salah satunya berfungsi sebagai antiinflamasi. Aplikasikan gel aloe vera langsung pada biang keringat agar iritasi bisa berkurang.

Baca Juga: Cara agar kulit tidak iritasi karena terlalu lama pakai masker corona

Periksakan ke Dokter

Cara menghilangkan biang keringat yang telah dijelaskan bisa memberikan efek selama satu hingga dua hari. Namun, ada pula yang mengalami biang keringat selama lebih dari satu minggu. Jika demikian, segera periksakan diri ke dokter.

Pengobatan dari dokter semakin Anda perlukan jika ada gejala lain yang muncul. Beberapa di antaranya adalah demam, ruam menghasilkan cairan kuning atau hijau, biang keringat muncul secara tiba-tiba dan menyebar dengan cepat.

Selanjutnya: 5 Jenis penyakit kulit yang umum terjadi

Editor: Belladina Biananda
Terbaru