Tips Sehat

Cara agar kulit tidak iritasi karena terlalu lama pakai masker corona

Sabtu, 11 Juli 2020 | 11:42 WIB   Reporter: Belladina Biananda
Cara agar kulit tidak iritasi karena terlalu lama pakai masker corona

ILUSTRASI. Memakai masker corona dalam jangka waktu yang lama bisa menimbulkan iritasi pada kulit wajah. KONTAN/Fransiskus Simbolon

KONTAN.CO.ID - JAKARTA. Pandemi corona terjadi di seluruh dunia. WHO, sebagai organisasi kesehatan dunia, memberikan imbauan untuk menerapkan protokol kesehatan. Mulai dari menjaga kebersihan, menjaga jarak, dan memakai masker corona. Kasus positif corona masih bertambah di Indonesia, makanya protokol kesehatan tetap harus dilakukan.

Masalahnya, terlalu sering memakai masker corona dalam jangka waktu yang lama menimbulkan efek buruk untuk kesehatan kulit wajah. Sebagian orang jadi memiliki kulit yang iritasi karena terlalu lama memakai masker corona.

Namun, Anda tidak perlu khawatir. Beberapa langkah di bawah ini bisa langsung Anda coba. Tujuannya, agar kulit iritasi bisa langsung teratasi.

Baca Juga: Kasus corona di Indonesia melonjak, cek lagi tipe masker yang Anda pakai

Cuci Wajah

Setelah memakai masker corona, kulit menjadi lebih sehat jika langsung dicuci. Health.com menyebutkan, cara ini dilakukan untuk membersihkan keringat dan kotoran lain yang menempel. Pakai sabun pencuci wajah yang lembut. Hindari memakai air panas untuk mencuci wajah karena justru akan membuat kondisi kulit menjadi lebih buruk.

Pakai Pelembab

Memakai masker corona setiap hari membuat kulit wajah semakin sering tergesek. Hal itu membuat skin barrier menjadi hilang. Hasilnya, kulit menjadi lebih kering dan rentan terluka. Apapun tipe kulit wajah yang Anda miliki, health.com memberikan rekomendasi untuk segera memakai pelembab setelah wajah dibersihkan menggunakan sabun pencuci wajah.

Baca Juga: Ingat, stamina harus benar-benar terjaga di tengah pandemi virus corona

Gunakan Obat Salep

Cara terakhir untuk mengatasi kulit iritasi akibat sering memakai masker corona adalah dengan mengaplikasikan obat salep. Health.com mengatakan bahwa obat salep bisa dipakai sebelum tidur untuk mengobati luka di kulit wajah karena iritasi. Jika Anda tidak ingin memakai obat salep, Anda bisa beralih menggunakan petroleum jelly untuk mengembalikan skin barrier yang hilang.

Editor: Belladina Biananda


Terbaru