Penyakit Menular

Ini kunci pencegahan penularan Covid-19 lewat udara

Sabtu, 11 Juli 2020 | 08:04 WIB Sumber: Kompas.com
Ini kunci pencegahan penularan Covid-19 lewat udara

ILUSTRASI. Penggunaan masker di luar rumah sangat penting

KONTAN.CO.ID - JAKARTA. Anggota Tim Pakar Medis Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19 Budiman Bela mengatakan, udara dingin dan ruang yang tertutup meningkatkan potensi terjadinya penularan Covid-19 lewat udara. 

Namun, jika orang-orang yang ada di ruang tertutup itu menggunakan masker dan menjaga jarak aman, maka potensi tertular Covid-19 bisa dicegah. 

"Tempat tertutup itu berpotensi menular juga, apalagi kalau kondisi udara dingin. Tetapi jika kita menggunakan masker dan menjaga jarak, kemungkinan untuk menular itu jauh lebih kecil," ujar Budiman sebagaimana dikutip dari siaran pers Gugus Tugas, Sabtu (11/7). 

Baca Juga: Indonesia diramal masuk fase berbahaya Juli-September, kapan pandemi berakhir?

Budiman menyebutkan, penggunaan masker dan jaga jarak akan menghambat terjadinya transmisi virus melalui udara. Hal ini disebabkan masker dapat menampung virus yang keluar ketika seseorang berbicara, bernyanyi, batuk, dan bersin dari hidung atau mulut. 

Dengan begitu, virus yang keluar tidak akan bertransmisi. "Ketika kita berbicara, bernyanyi, batuk, dan bersin ada potensi mengeluarkan virus ( virus corona). Namun, virus itu akan tertampung oleh masker kalau kita menggunakan masker," tuturnya. 

Sehingga, salah satu langkah pencegahan transmisi Covid-19 melalui udara adalah disiplin menggunakan masker. "Kalau ditanya pencegahannya, tetaplah gunakan masker," jelas Budiman. 

Editor: Anna Suci Perwitasari


Terbaru