kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45925,68   4,22   0.46%
  • EMAS1.325.000 -1,34%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

5 Jenis penyakit kulit yang umum terjadi


Kamis, 03 September 2020 / 10:19 WIB
5 Jenis penyakit kulit yang umum terjadi


Penulis: Belladina Biananda

KONTAN.CO.ID - JAKARTA. Ada banyak sekali jenis penyakit kulit yang bisa dialami oleh seseorang. Penyebabnya pun beragam, mulai dari virus, jamur, alergi, dan lain sebagainya. Agar kondisi kesehatan tak semakin parah, cara perawatan yang tepat perlu dilakukan. Jenis penyakit kulit dan cara merawatnya akan dijelaskan di bawah ini.

Jerawat

Jerawat merupakan salah satu jenis penyakit kulit yang pernah dialami oleh setiap orang. Biasanya, jerawat mulai muncul saat pubertas. Jerawat bisa hilang seiring berjalannya waktu, tapi tak menutup kemungkinan jenis penyakit kulit ini sulit disembuhkan.

Baca Juga: Ini ciri kulit sensitif pada wajah yang mungkin Anda miliki

Jerawat muncul karena pori-pori yang tersumbat oleh minyak. Produksi minyak berlebih dipicu oleh perubahan hormon dalam tubuh. Jenis penyakit kulit ini tak hanya muncul di kulit wajah, tapi juga bisa di bagian kulit yang lain.

Melansir dari Drugs.com, ada beberapa cara yang bisa dilakukan untuk mengobati jerawat membandel. Pertama, Anda bisa menggunakan oral isotretinoin, tretinoin topical, tablet sarecycline, atau produk perawatan wajah yang sesuai dengan kondisi kulit. Jika jerawat parah, sebaiknya konsultasikan dulu pada dokter, ya.

Eksim

Eksim atau atopic dermatitis adalah jenis penyakit kulit yang cukup sering terjadi pada anak-anak. Belum ada penyebab pasti kenapa eksim muncul, tapi para peneliti menduga penyebabnya adalah genetik, kondisi lingkungan, dan sistem imun seseorang.

Eksim biasanya muncul di bagian wajah, tangan, kaki, atau lipatan kulit lainnya. Jenis penyakit kulit ini ditandai dengan ruam kemerahan, kering, dan terasa gatal. Drugs.com mengatakan bahwa eksim bisa diobati menggunakan topical steroid.

Herpes Zoster

Jenis penyakit kulit lainnya yang sering muncul atau herpes zoster yang disebabkan karena Virus Shingles. Herpes bisa muncul di area kulit mana saja. Jenis penyakit kulit ini muncul dalam bentuk gerombolan bercak merah yang disertai gelembung air.

Baca Juga: 4 cara menghilangkan milia di dekat mata yang wajib dicoba

Herpes juga bisa membuat Anda pusing, kelelahan, dan demam. Jenis penyakit kulit ini bisa disembuhkan menggunakan dua jenis vaksin, yaitu zoster vaccine live (zostavax) dan herpes zoster subunit vaccine (shingrix).

Ruam Popok

Jenis penyakit kulit lain yang sering dialami oleh anak-anak adalah ruam popok. Anak-anak yang terlalu lama menggunakan popok yang lembab bisa mengalami ini. Ruam popok muncul di daerah bokong bayi, alat kelamin, dan lipatan kulit di sekitar popok.

Sebaiknya, ganti popok bayi sesering mungkin agar kulit bayi tetap kering. Drugs.com merekomendasikan untuk memakai minyak bayi untuk mengobati ruam. Jika ruam masih ada lebih dari tiga hari, segera konsultasikan pada dokter.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News




TERBARU
Kontan Academy
Supply Chain Management on Sales and Operations Planning (S&OP) Trik & Tips yang Aman Menggunakan Pihak Ketiga (Agency, Debt Collector & Advokat) dalam Penagihan Kredit / Piutang Macet

[X]
×