Kesehatan Umum

4 Cara menghilangkan bau badan yang mudah dilakukan

Rabu, 02 September 2020 | 10:46 WIB   Penulis: Belladina Biananda
4 Cara menghilangkan bau badan yang mudah dilakukan

ILUSTRASI. Cara menghilangkan bau badan perlu dilakukan agar bisa lebih nyaman melakukan kegiatan dengan orang lain. /Pho KONTAN/Carolus Agus Waluyo/02/04/2012.

KONTAN.CO.ID - JAKARTA. Bau badan tidak sedap sering membuat seseorang menjadi kurang percaya diri. Apalagi saat ada kegiatan bersama dengan orang lain. Cara menghilangkan bau badan perlu dilakukan agar Anda bisa merasa nyaman melakukan banyak kegiatan.

Rajin Membersihkan Badan

Melansir dari Web MD, keringat yang keluar dari tubuh tidak bau. Namun, setelah bercampur dengan bakteri, keringat bisa menyebabkan bau badan. Cara menghilangkan bau badan ini adalah dengan mandi minimal satu kali dalam sehari.

Bersihkan seluruh tubuh, apalagi bagian-bagian yang jadi tempat berkumpulnya keringat, agar bau badan berkurang. Anda bisa menggunakan sabun antibakteri agar bakteri penyebab bau badan lebih cepat hilang.

Baca Juga: Ketiak bau? ikuti lima cara ini untuk mengatasinya

Cara menghilangkan bau badan selanjutnya adalah dengan mengeringkan badan secara benar. Pastikan tiap bagian tubuh kering setelah mandi. Bakteri akan kesulitan berkembang biak di bagian tubuh yang tidak basah.

Pakai Antiperspirant

Cara menghilangkan bau badan selanjutnya menggunakan antiperspirant, yaitu zat yang digunakan untuk mengurangi keringat. Anda bisa gunakan antiperspirant di ketiak dua kali dalam sehari setelah mandi.

Web MD mengatakan bahwa Anda tak perlu resep untuk mendapat antiperspirant ampuh. Namun, jika memang dibutuhkan, Anda bisa meminta saran dokter tentang antiperspirant mana yang sebaiknya digunakan.

Gunakan Baju Bersih

Menggunakan baju bersih adalah cara menghilangkan bau badan selanjutnya yang perlu Anda coba. Sebaiknya, ganti baju setiap kali tubuh mengeluarkan banyak keringat.

Baca Juga: Ini cara kurangi keringat di ketiak

Selain baju, sering mengganti kaus kaki juga penting untuk dipraktikkan. Kaki juga bisa jadi sumber bau badan tidak sedap. Anda perlu membersihkan sepatu secara rutin dan menggunakan pengharum sepatu bila perlu.

Hindari Jenis Makanan Tertentu

Cara menghilangkan bau badan terakhir yang direkomendasikan Web MD adalah menghindari jenis makanan tertentu. Makanan yang memiliki aroma khas dan memicu produksi keringat berlebih bisa mempengaruhi bau badan Anda.

Misalnya, makanan pedas, bawang merah, atau bawang putih. Hal yang sama juga berlaku pada minuman. Beberapa jenis minuman yang berpengaruh pada bau badan adalah kafein atau alkohol.

Editor: Belladina Biananda
Terbaru