Kesehatan Umum

5 Cara efektif mengatasi keringat berlebih

Selasa, 22 September 2020 | 09:33 WIB   Reporter: Belladina Biananda
5 Cara efektif mengatasi keringat berlebih

ILUSTRASI. Minum air putih bisa jadi cara mengatasi keringat berlebih. REUTERS/Pascal Rossignol/File Photo


KONTAN.CO.ID - JAKARTA. Banyak orang yang merasa terganggu dengan keringat berlebih yang keluar dari tubuhnya. Jika Anda salah satunya, cara mengatasi keringat berlebih berikut bisa Anda jadikan opsi. Selain menggunakan antiperspirant, mengubah beberapa kebiasaan juga penting untuk dilakukan.

Pakai Antiperspirant

Bila Anda masih memiliki keringat berlebih padahal sudah menggunakan deodoran, maka Anda bisa menggantinya dengan antiperspirant. Deodoran merupakan produk penghilang bau badan, sedangkan antiperspirant melakukan fungsi yang sama sekaligus mencegah produksi keringat berlebih.

Healthline merekomendasikan antiperspirant yang mengandung 13% alumunium chloride untuk keringat berlebih yang benar-benar parah. Jika antiperspirant tersebut masih belum bisa mengatasi masalah Anda, Anda bisa meminta resep antiperspirant yang lebih kuat dari dokter.

Agar bisa berfungsi maksimal, antiperspirant perlu digunakan dengan benar. Caranya, gunakan antiperspirant sebelum tidur. Jangan pakai antiperspirant pada ketiak yang basah. Pastikan pula bulu ketiak sudah dibersihkan agar produk bisa bekerja dengan benar.

Baca Juga: Keringat dingin pertanda sakit apa?

Cukur Bulu Ketiak

Seperti yang telah dikatakan, mencukur bulu ketiak penting dilakukan agar antiperspirant bisa bekerja maksimal. Tak hanya digunakan sebagai cara mengatasi keringat berlebih, mencukur bulu ketiak juga bermanfaat untuk mengurangi bau badan.

Hindari Makanan Tertentu

Beberapa jenis makanan bisa membuat produksi keringat menjadi lebih banyak daripada biasanya. Jika Anda terus mengalami keringat berlebih, menghindari jenis makanan tertentu penting untuk dilakukan.

Misalnya, makanan dengan sedikit serat membuat sistem pencernaan bekerja lebih keras untuk mencerna makanan. Hal itu membuat tubuh mengeluarkan keringat yang lebih banyak pula. Selain makanan rendah serat, makanan pedas, makanan berlemak, kopi, dan bawang juga perlu dihindari.

Baca Juga: Awas, munculnya keringat dingin bisa jadi gejala penyakit ini

Konsumsi Makanan Tertentu

Selain menghindari jenis makanan tertentu, Anda juga perlu mengonsumsi makanan lain yang bisa mengurangi produksi keringat berlebih. Anda bisa memilih makanan yang tak menstimulus sistem saraf secara berlebihan untuk menenangkan kelenjar keringat.

Tak hanya itu, penting pula untuk memilih makanan yang tidak membuat sistem pencernaan bekerja banyak. Beberapa makanan yang sebaiknya Anda konsumsi adalah air putih, makanan kaya akan kalsium, teh hijua, pisang, dan lain sebagainya.

Berhenti Merokok

Berhenti merokok dapat Anda jadikan cara mengatasi keringat berlebih.

Cara mengatasi keringat berlebih lainnya yang direkomendasikan oleh Healthline adalah berhenti merokok. Nikotin dalam rokok membuat suhu tubuh meningkat sehingga jantung berdetak lebih cepat. Aktivitas itu membuat tubuh mengeluarkan banyak keringat.

Selain menyebabkan keringat berlebih, merokok juga tidak baik untuk kesehatan. Kegiatan ini membuat bau mulut tak sedap, gigi menunging, bahkan bisa menyebabkan kanker. Untuk menghilangkan keringat berlebih dan meningkatkan kesehatan secara keseluruhan, sebaiknya merokok segera dihentikan.

Selanjutnya: Cara menghilangkan biang keringat menggunakan bahan alami

Editor: Belladina Biananda


Terbaru