CLOSE [X]

Awas, munculnya keringat dingin bisa jadi gejala penyakit ini

Minggu, 20 September 2020 | 08:26 WIB Sumber: Kompas.com
Awas, munculnya keringat dingin bisa jadi gejala penyakit ini

ILUSTRASI. Awas, munculnya keringat dingin bisa jadi gejala penyakit ini KONTAN/Muradi/16/05/2008


KONTAN.CO.ID -

Jakarta. Keringat dingin atau diaporosis sering dialami banyak orang dan dianggap remeh. Ternyata, keringat dingin pertanda pertanda adanya gangguan kesehatan dalam tubuh.

Berikut berbagai gangguan kesehatan yang bisa terjadi karena keringat dingin:

1. Gangguan kecemasan

Munculnya keringat dingin bisa menjadi pertanda adanya gangguan kecemasan seperti serangan panik, dan anxiety. Selain keringat dingin, gangguan kecemasan semacam ini juga seringkali disertai dengan mual, otot tegang, dan rasa sakit di bagian tubuh tertentu.

Baca juga: Lelang rumah murah sitaan bank di Bekasi hanya Rp 145 juta, ini syaratnya

2. Serangan jantung

Munculnya keringat dingin juga bisa sebagai pertanda awal serangan jantung. Biasanya, kondisi ini juga diikuti gejala berikut: rasa nyeri atau tidak nyaman di dada, leher, rahang, perut, atau punggung sulit bernafas pusing merasa lemas atau ingin pingsan. Jika merasakan hal tersebut, segera cari pertolongan medis.

3. Hipoksia

Hipoksia merupakan kondisi tubuh yang kekurangan oksigen. Hal ini bisa disebabkan karena adanya penyumbatan, cedera, paparan racun atau alergen. Selain menyebabkan keringat dingin, hipoksia bisa membuat fungsi tubuh tidak berjalan maksimal. Hipoksia yang parah juga dapat menyebabkan kita kehilangan kesadaran atau koma.

4. Hipoglikemia

Hipoglikemia atau gula darah rendah terjadi ketika kadar glukosa seseorang berada di bawah kondisi normal. Hal ini kerap terjadi pada penderita diabetes. Untuk memulihkan kondisi ini, kita disarankan untuk mengonsumsi makanan dan minuman mengandung gula.

Baca juga: Manfaat rebusan jahe, serei dan gula merah, dari cegah kanker, mual, diabetes dll

5. Infeksi

Keringat dingin juga bisa menjadi pertanda tubuh sedang merespon infeksi, baik yang disebabkan virus atau bakteri. Dalam banyak kasus, infeksi menyebabkan jaringan tubuh meradang dan menyebabkan sepsis. Kondisi ini juga bisa mempersulit organ tubuh mendapatkan asupan darah dan oksigen yang memicu keluarnya keringat dingin.

Artikel ini telah tayang di Kompas.com dengan judul "5 Gangguan Kesehatan yang Ditandai Munculnya Keringat Dingin",

Penulis : Ariska Puspita Anggraini
Editor : Ariska Puspita Anggraini

Selanjutnya: Promo Tupperware bulan September 2020 khusus alat masak, bonus voucher belanja

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Editor: Adi Wikanto

Terbaru