Penyebab sakit pinggang bisa terjadi karena 5 hal ini

Kamis, 01 Januari 1970 | 07:00 WIB   Penulis: Belladina Biananda
Penyebab sakit pinggang bisa terjadi karena 5 hal ini

ILUSTRASI. Mengenali penyebab sakit pinggang memudahkan Anda untuk melakukan pengobatan.


KONTAN.CO.ID - JAKARTA. Mengetahui penyebab sakit pinggang bisa memudahkan Anda untuk melakukan pengobatan yang tepat. Selain itu, mengetahui penyebabnya juga dapat membantu Anda untuk mencegah kembalinya rasa sakit. Dengan begitu, kondisi kesehatan terus terjaga.

Salah satu penyebab yang paling umum terjadi adalah keseleo. Keseleo terjadi saat Anda melakukan peregangan berlebihan sehingga ligamen menjadi robek. Selain terasa sakit, keseleo juga dapat membuat otot merah dan bengkak.

Kondisi tersebut dapat diatasi dengan beberapa cara. Mulai dari menggunakan kompres, obat apotek, dan lain sebagainya. Tak hanya keseleo, tentu saja masih banyak faktor lain yang menimbulkan sakit pinggang.

Gangguan Pada Ginjal dan Kandung Kemih

Sakit pinggang dapat Anda alami karena ginjal dan kandung kemih yang mengalami masalah. Faktor pemicunya pun beragam. Mulai dari kehamilan, kanker, kista ovarium, dan lain sebagainya. Selain menimbulkan rasa sakit di bagian pinggang, biasanya ada gejala lain yang juga Anda alami.

Baca Juga: Tak hanya demam, ini 5 gejala batu ginjal pada wanita

Kecelakaan

Mengutip dari Medical News today (medicalnewstoday.com), sakit pinggang bisa disebabkan oleh kecelakaan yang dialami oleh seseorang. Tak hanya menimbulkan sakit, kecelakaan juga mampu menimbulkan mati rasa yang menjalar hingga ke kaki.

Cara mengatasi sakit pinggang yang disebabkan oleh kecelakaan bervariasi dan disesuaikan dengan kondisi Anda. Ada yang membutuhkan operasi dan terapi fisik, tapi tak sedikit pula yang bisa sembuh dengan minum obat apotek.

Skoliosis

Penyebab sakit pinggang bisa beragam.

Medical News Today mengatakan bahwa sakit pinggang dapat disebabkan oleh skoliosis. Kelainan tulang itu bisa dialami oleh semua orang, tapi biasanya terjadi setelah anak-anak berusia 11 hingga 12 tahun. Anak-anak yang mengalami kondisi itu berisiko mengalami sakit pinggang saat sudah dewasa.

Tiap kasus skoliosis membutuhkan perawatan yang berbeda, tergantung dari tingkat keparahan kelainan tulang. Orang dewasa membutuhkan jenis obat tertentu dan latihan fisik yang dapat mengembalikan fleksibilitas dan postur tulang.

Baca Juga: 4 Penyebab keputihan berlebih ini perlu Anda waspadai

Infeksi

Tahukah Anda bahwa infeksi virus, bakteri, dan jamur dapat jadi penyebab sakit pinggang? Awalnya, virus, bakteri, dan jamur menginfeksi bagian tubuh yang lain. Setelah itu, infeksi menyebar hingga ke bagian pinggang.

Gejala sakit pinggang yang disebabkan oleh infeksi adalah otot menjadi tegang dan terasa sakit, demam, dan mati rasa di bagian kaki. Anda memerlukan pengobatan antibiotik dan antijamur untuk mengatasi masalah itu. Tidak jarang dokter juga menyarankan operasi supaya masalah bisa cepat teratasi.

Penyebab yang Lain

Tak hanya beberapa penyebab sakit pinggang di atas, masih banyak penyebab lain yang dapat menimbulkan rasa sakit di bagian pinggang. Mulai dari endrometriosis, batu ginjal, dan kehamilan. Anda perlu segera memeriksakan diri ke dokter supaya mendapat perawatan yang tepat.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Editor: Belladina Biananda

Terbaru