kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45920,31   -15,20   -1.62%
  • EMAS1.345.000 0,75%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

Tak hanya demam, ini 5 gejala batu ginjal pada wanita


Jumat, 22 Oktober 2021 / 08:17 WIB
Tak hanya demam, ini 5 gejala batu ginjal pada wanita
ILUSTRASI. Anda perlu mewaspadai gejala batu ginjal pada wanita supaya segera mendapat pertolongan yang sesuai.


Penulis: Belladina Biananda

KONTAN.CO.ID - JAKARTA. Batu ginjal bisa dialami oleh siapa saja, termasuk wanita. Maka dari itu, gejala batu ginjal pada wanita perlu Anda waspadai. Semakin cepat langkah penanganan yang Anda lakukan, semakin sedikit pula risiko kesehatan yang perlu Anda hadapi.

Mengutip dari The Iowa Clinic (iowaclinic.com), rasa sakit muncul ketika batu ginjal berada di titik tertentu. Hal tersebut dapat mengganggu proses keluar urin sehingga rasa sakit pun Anda alami.

Anda bisa memiliki batu ginjal dalam jangka waktu lama, tapi tak merasakan sakit apa pun karena batu ginjal tak menyumbat saluran kencing. Nah, di bawah ini, ada beberapa kondisi yang sebaiknya Anda waspadai karena termasuk gejala batu ginjal.

Muncul Rasa Sakit

Tergantung dari letak batu ginjal, rasa sakit yang Anda alami bisa muncul di bagian tubuh yang berbeda. Biasanya, sakit akibat batu ginjal lebih banyak muncul di bagian samping perut, selangkangan, atau pinggang. Setiap orang mengalami intensitas rasa sakit yang berbeda-beda.

Baca Juga: 4 Penyebab usus buntu ini perlu Anda waspadai

Demam

Demam bisa jadi gejala batu ginjal pada wanita.

Berikutnya, gejala batu ginjal pada wanita yang dapat Anda alami adalah demam. Biasanya, demam juga dibarengi dengan tubuh yang menggigil. Jangan abaikan kondisi itu karena bisa jadi batu ginjal telah menyebabkan infeksi pada ginjal dan saluran ekskresi yang lain.

Kencing Berdarah

The Iowa Clinic menyebutkan bahwa batu ginjal dapat membuat Anda mengeluarkan kencing berdarah. Selain batu ginjal, kondisi itu juga bisa disebabkan karena faktor lain. Mulai dari mengonsumsi makanan dan minuman dengan warna khas, kanker, atau kondisi kesehatan yang lain.

Baca Juga: Bisa jadi obat batu ginjal, konsumsi 4 makanan ini yuk

Mual dan Muntah

Mual dan muntah termasuk gejala batu ginjal pada wanita.

Mual dan muntah termasuk dalam daftar gejala batu ginjal pada wanita. Jika Anda mengalami rasa mual dan terus muntah dalam jangka waktu yang lama, jangan ragu untuk segera memeriksakan diri ke dokter. Nantinya, dokter akan melakukan pemeriksaan dan memberi diagnosa sehingga kesehatan Anda bisa tetap terjaga.

Air Kencing Berbau

Umumnya, air kencing memang memiliki bau yang kurang sedap. Namun, batu ginjal membuat bau tidak sedap pada air kencing semakin bertambah. Hal itu terjadi karena batu ginjal terbentuk dari penumpukan mineral. Jadi, air kencing bisa semakin bau dan warnanya pun lebih keruh.

Selanjutnya: 5 Manfaat minum air putih di pagi hari, bisa turunkan berat badan

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News




TERBARU

[X]
×