4 Penyebab keputihan berlebih ini perlu Anda waspadai

Rabu, 24 November 2021 | 14:16 WIB   Penulis: Belladina Biananda
4 Penyebab keputihan berlebih ini perlu Anda waspadai

ILUSTRASI. Ada banyak penyebab keputihan yang bisa Anda alami.

KONTAN.CO.ID - Keputihan sebenarnya merupakan satu hal normal yang dialami wanita. Namun, keputihan yang berlebihan dan memiliki bau yang sangat tidak sedap menunjukkan ada masalah kesehatan. Mengetahui penyebab keputihan pun perlu Anda lakukan.

Tujuannya, supaya Anda bisa melakukan perawatan yang sesuai. Apabila Anda membiarkan kondisi itu, bisa saja keputihan menjadi masalah kesehatan lain yang lebih serius. Tentu saja, hal itu tidak Anda inginkan, bukan?

Jika Anda mengalami keputihan yang tidak normal serta dibarengi munculnya kondisi lain, seperti muncul rasa gatal di sekitar vagina, usahakan untuk segera ke dokter. Biasanya, dokter akan memberi saran pengobatan sesuai dengan penyebab-penyabab berikut:

Ketidakseimbangan hormon

Mengutip Medical News Today, keputihan yang berlebih bisa terjadi karena ketidakseimbangan hormon dalam tubuh Anda. Nah, ketidakseimbangan itu bisa terjadi karena beberapa faktor, seperti stres, kebiasaan atau jenis makanan yang Anda konsumsi, atau masalah kesehatan lain.

PCOS atau polycystic ovary syndrome adalah salah satu jenis penyakit yang bisa memicu kemunculan keputihan berlebihan. Selain itu, PCOS juga membuat siklus menstruasi Anda tidak teratur. Proses pembuahan dalam tubuh pun terganggu.

Baca Juga: 5 Penyebab Nyeri Tulang Kemaluan Wanita dan Cara Mengatasinya

Infeksi jamur

Infeksi jamur adalah penyebab keputihan lainnya yang perlu Anda waspadai. Setiap wanita, berapa pun usianya, bisa mengalami infeksi jamur. Bahkan, melansir Medical News Today, sebanyak 70% pernah mengalami jenis infeksi itu.

Biasanya, gejala infeksi jamur bisa hilang dengan sendirinya dalam jangka waktu beberapa hari. Tapi, infeksi jamur yang terlanjur parah bisa berlangsung lebih lama. Anda juga membutuhkan bantuan dokter untuk mengatasi masalah kesehatan itu.

Baca Juga: Jangan Sepelekan! Sering Sakit Pinggang Bisa Jadi Tanda Gangguan Sistem Reproduksi

Ovulasi

Ovulasi adalah salah satu penyebab keputihan.

Penyebab keputihan berikutnya adalah ovulasi atau proses pembuahan. Mendekati masa ovulasi, jumlah hormon esterogen dalam tubuh meningkat. Hal itulah yang membuat cairan di sekitar serviks bersih dan licin sehingga keputihan pun Anda alami.

Vaginitis

Jika Anda mengalami keputihan, bisa jadi kondisi itu disebabkan oleh vaginitis. Vaginitis adalah kondisi di mana area vagina mengalami inflamasi atau peradangan. Iritasi, infeksi, atau memakai pakaian yang terlalu ketat bisa menyebabkan Anda mengalami hal itu.

Keputihan yang Anda keluarkan karena vaginitis bisa memiliki warna yang berbeda-beda, misalnya, putih, kuning, hijau, atau abu-abu.

Selain itu, ada gejala vaginitis lain yang dapat Anda alami. Mulai dari muncul rasa gatal dan sensasi terbakar, area vagina berbau, hingga daerah vagina kemerahan.

Selanjutnya: Riset Snapcart menyebut pengusaha mamin pilih grabfood sebagai aplikasi favorit

Editor: Belladina Biananda
Terbaru