Penyebab jerawat di pipi dan cara mengobatinya

Kamis, 27 Agustus 2020 | 13:38 WIB   Reporter: Belladina Biananda
Penyebab jerawat di pipi dan cara mengobatinya

ILUSTRASI. Anda perlu mengetahui penyebab jerawat di pipi agar lebih mudah untuk mengobatinya.


KONTAN.CO.ID - JAKARTA. Jerawat adalah salah satu masalah kulit yang cukup mengganggu. Pipi adalah salah satu area wajah yang paling sering jadi tempat munculnya jerawat. Biasanya, penyebab jerawat di pipi adalah penggunaan produk perawatan tertentu.

Sebagian orang menggunakan make up untuk menutupi jerawat di pipi. Namun, hal itu tidak disarankan.

Meski terlihat menyamarkan, tapi make up justru membuat kondisi di pipi semakin parah. Anda perlu mengetahui penyebab jerawat di pipi terlebih dahulu sebelum mengobatinya.

Baca Juga: 4 Cara menghilangkan mata panda

  • Penyebab jerawat di pipi

Mengutip dari Bio Clarity, ada beberapa penyebab jerawat di pipi. Penyebab yang pertama adalah sarung bantal kotor. Penyebab jerawat di pipi ini sering tak disadari oleh banyak orang. Dalam waktu singkat, sarung bantal bisa dipenuhi jamur, bakteri, debu, dan lain-lain.

Wajah, leher, dan rambut bersentuhan dengan sarung bantal sekitar lebih dari 7 jam tiap malam. Artinya, ada banyak kotoran akibat aktivitas seharian yang berpindah dari tubuh ke sarung bantal. Bisa juga minyak rambut menempel di wajah hingga memperparah jerawat.

Selain sarung bantal, penyebab jerawat di pipi yang tak banyak disadari adalah memegang wajah dengan tangan kotor. Saat melakukan kegiatan sehari-hari, tangan Anda memegang berbagai macam benda yang belum terjamin kebersihannya.

Kebiasaan memegang wajah menggunakan tangan mengakibatkan banyak kotoran yang berpindah ke wajah. Penyebab jerawat di pipi diakibatkan karena kotoran tersebut menyumbat pori-pori.

Menurut Bio Clarity, perubahan hormon juga bisa jadi penyebab jerawat di pipi. Itulah mengapa banyak jerawat yang muncul saat wanita sedang menstruasi, hamil, atau kondisi lain yang menyebabkan hormon berubah.

Baca Juga: Cara mengatasi bibir kering dengan bahan alami

  • Cara mengobati penyebab jerawat di pipi

Setelah mengetahui penyebab jerawat di pipi, Anda bisa lebih mudah untuk mengobatinya. Hal yang perlu Anda lakukan adalah menghindari penyebab tersebut. Namun, Bio Clarity tak lupa merekomendasikan beberapa hal lain yang bisa dilakukan untuk mengobati jerawat.

Anda bisa memperhatikan produk perawatan atau skincare yang Anda gunakan. Pastikan produk perawatan memiliki kandungan non-comedogenic agar pori-pori wajah tak tersumbat. Beberapa bahan dasar yang bisa Anda pilih adalah timun atau teh hijau untuk menghindari iritasi.

Mengurangi makanan manis juga bisa Anda gunakan untuk menghilangkan penyebab jerawat di pipi. Akan lebih baik jika Anda mengonsumsi lebih banyak buah dan sayur daripada makanan ringan dengan kandungan yang memperparah jerawat.

Editor: Belladina Biananda


Terbaru