Kesehatan Umum

Penyebab BAB berdarah dan gejala yang muncul

Senin, 21 September 2020 | 12:35 WIB   Reporter: Belladina Biananda
Penyebab BAB berdarah dan gejala yang muncul

ILUSTRASI. Anda perlu mengetahui penyebab BAB berdarah agar bisa melakukan pengobatan yang tepat.

KONTAN.CO.ID - JAKARTA. Apakah Anda pernah buang air besar atawa BAB yang bercampur darah? Hal itu memang membuat banyak orang panik.

Namun, tak semua feses yang berdarah menunjukkan masalah kesehatan yang serius. Penyebab BAB berdarah perlu Anda ketahui untuk melakukan perawatan yang tepat.

Penyebab BAB berdarah

BAB berdarah karena ada luka di saluran pencernaan. Jumlah darah yang keluar juga bervariasi. Biasanya, feses yang berdarah berwarna hitam.

Nah, berikut beberapa penyebab mengapa BAB berdarah:

Baca Juga: Mengalami sembelit? Inilah 4 cara melancarkan BAB secara alami

  • Divertikula bermasalah

Mengutip dari Web MD, masalah pada divertikula bisa jadi penyebab BAB berdarah. Divertikula adalah kantung-kantung yang terbentuk di sepanjang saluran pencernaan, apalagi di usus besar.

Biasanya, divertikula tak menyebabkan masalah, tapi terkadang bisa infeksi sehingga menimbulkan pendarahan.

  • Luka pada anus

Luka di bagian anus juga bisa menyebabkan BAB berdarah. Biasanya, luka disebabkan karena feses yang Anda keluarkan terlalu besar dan keras.

Anda bisa mengatasi penyebab ini dengan mencukupi kebutuhan air agar tubuh tak mengalami dehidrasi dan feses bisa lebih mudah dikeluarkan.

Baca Juga: 4 Cara mengatasi susah buang air besar

  • Radang dinding lambung

Radang dinding lambung biasanya karena infeksi bakteri bernama Helicobacter pylori. Selain itu, Web MD menyebutkan, penggunaan obat-obatan anti inflamasi juga dapat menimbulkan luka. Misalnya, ibuprofen atau aspirin.

Editor: Belladina Biananda


Terbaru