HOME

Mengalami sembelit? Inilah 4 cara melancarkan BAB secara alami

Senin, 14 September 2020 | 09:34 WIB   Reporter: Belladina Biananda
Mengalami sembelit? Inilah 4 cara melancarkan BAB secara alami

ILUSTRASI. Banyak minum air putih bisa digunakan sebagai cara melancarkan BAB. Images via Reuters / Lee Smith Livepic EDITORIAL USE ONLY.

KONTAN.CO.ID - JAKARTA. Susah buang air besar atau BAB adalah masalah pencernaan yang umum terjadi. Ada beberapa cara melancarkan BAB yang bisa Anda lakukan. Mulai dari menggunakan obat pelancar BAB yang dijual di apotek, hingga memakai cara atau bahan alami.

Cara melancarkan BAB menggunakan obat yang dijual di apotek memang tidak salah, tapi hal itu mungkin bisa menimbulkan efek samping bagi sebagian orang. Healthline menyebutkan, Anda dapat merasa mual, kembung, kram, dan efek samping lainnya.

Untuk menghindari hal itu, cara melancarkan BAB yang bisa Anda coba adalah menggunakan cara dan bahan alami. Dengan melakukan cara-cara ini, BAB Anda akan semakin lancar sehingga tidak menimbulkan masalah yang lebih besar.

Banyak Makan Serat

Cara melancarkan BAB pertama tentu saja dengan memperbanyak asupan serat. Menurut Academy of Nutrition and Dietetics, pria membutuhkan 38 g serat dan wanita perlu 25 g serat setiap hari.

Baca Juga: 4 Cara mengatasi susah buang air besar

Namun, sebagian orang dewasa hanya mengonsumsi setengah jumlah serat yang dibutuhkan. Jadi, menambah asupan serat bisa jadi cara melancarkan BAB yang cukup efektif. Beberapa sumber serat yang bisa Anda konsumsi adalah jeruk, apel, wortel, kale, dan bayam.

Minum Banyak Air

Feses menjadi keras dan sulit dikeluarkan saat memiliki sedikit kandungan air di usus. Ada banyak hal yang menyebabkan feses menjadi keras, salah satunya adalah dehidrasi. Jika hal itu adalah penyebabnya, cara melancarkan BAB bisa dilakukan dengan minum banyak air.

Biasanya, setiap orang membutuhkan delapan gelas setiap hari. Namun, tentu saja kebutuhan tiap manusia berbeda-beda. Healthline merekomendasikan untuk mengecek tubuh dehidrasi atau tidak dari warna urin. Jika warna urin semakin gelap, berarti tubuh sedang dehidrasi.

Baca Juga: Anda susah BAB? Ini buah-buahan yang ampuh mengobati sembelit

Olahraga

Olahraga dapat menstimulasi pencernaan karena tubuh bergerak sehingga feses dalam pencernaan juga ikut bergerak.

Selain digunakan sebagai cara melancarkan BAB, olahraga juga dapat dimanfaatkan untuk menurunkan berat badan sehingga menurunkan resiko masalah pencernaan. Berjalan-jalan selama 30 menit setelah makan dapat membantu tubuh mencerna makanan dengan lebih baik.

Mineral Oil

Mineral oil bisa dimanfaatkan sebagai cara melancarkan BAB karena berfungsi untuk melumasi feses. Jadi, feses lebih mudah dikeluarkan dari tubuh. Anda bisa mengganti mineral oil dengan olive oil dengan manfaat yang sama. Ibu hamil dilarang mengonsumsi jenis minyak ini, jadi konsultasikan dulu dengan dokter, ya.

Selanjutnya: Sedang susah BAB? Lidah buaya bisa mengobati sembelit loh, begini cara meraciknya

Editor: Belladina Biananda


Terbaru