kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45927,64   6,18   0.67%
  • EMAS1.325.000 -1,34%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

Sedang susah BAB? Lidah buaya bisa mengobati sembelit loh, begini cara meraciknya


Senin, 17 Agustus 2020 / 16:45 WIB
Sedang susah BAB? Lidah buaya bisa mengobati sembelit loh, begini cara meraciknya


Reporter: Tri Sulistiowati | Editor: Tri Sulistiowati

KONTAN.CO.ID - JAKARTA. Lidah buaya, obat herbal yang bisa mengobati sembelit alias susah Buang Air Besar (BAB)

Sembelit alias susah BAB bisa menyerang siapa saja mulai dari anak bayi sampai orang tua. Sembelit memang bukanlah penyakit menular, tapi sembelit bisa mengancam nyawa bila tidak segera ditangani. 

Mengutip dari situs Grid.id, seseorang menderita sembelit karena kurang konsumsi makanan berserat. Alhasil, pergerakan usus tidak lancar. 

Baca Juga: Manfaat lidah buaya untuk kesehatan yang wajib Anda ketahui

Sembelit juga disebabkan oleh konsumsi makanan yang mengandung gula, lemak, dan tepung secara berlebihan. 

Ternyata seseorang menderita sembelit tidak hanya karena konsumsi makanan yang salah. Pola tidur yang tidak baik juga memicu sembelit. 

Mengutip dari Tribunnews.com, stres dan kecemasan juga meningkatkan seseorang terkena sembelit. Dalam penelitian yang dilakukan para ahli menunjukkan stres mempengaruhi bakteri dalam usus. 

Jarang olahraga juga menjadi salah satu penyebab seseorang terkena sembelit. Aktivitas fisik atau olahraga teratur bisa mengurangi waktu yang dibutuhkan makanan untuk bergerak melalui usus.  

Umumnya untuk mengobati sembelit penderita mengonsumsi obat pencahar. Alih-alih mengonsumsi obat kimia, Anda bisa mengonsumsi lidah buaya untuk mengobati sembelit. 

Lidah buaya ampuh mengobati sembelit 

Lidah buaya tidak hanya manjur sebagai obat herbal penyubur rambut. Lidah buaya juga mempunyai banyak manfaat untuk mengobati penyakit lainnya, sembelit salah satunya. 

lidah buaya mengandung zat polisakarida yang bisa mengatasi masalah pencernaan. Polisakarida membantu tubuh untuk mencerna makanan dengan lebih sempurna sehingga gizi makanan tersebut bisa terserap maksimal.

Anda harus tahu, lidah buaya tidak bisa dikonsumsi secara sembarangan untuk meredakan sembelit, sebab ada aturan dan cara mengonsumsinya. 

Berikut bahan dan cara mengonsumsi lidah buaya sebagai obat sembelit yang dikutip dari buku Tumbuhan Obat dan Khasiatnya 2. 

Bahan 

  • Daun lidah buaya 1/2 lembar 
  • Air 1/2 gelas
  • Madu 1 sendok makan

Anda cuci daun lidah buaya sampai bersih dan hilangkan durinya. Anda cincang dagingnya lalu tambahkan air panas dan madu, aduk dan saring. Anda minum ramuan lidah buaya tersebut dua kali sehari saat masih hangat. 

Baca Juga: Lidah buaya ampuh mengobati bisul, begini cara kerjanya

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News




TERBARU
Kontan Academy
Trik & Tips yang Aman Menggunakan Pihak Ketiga (Agency, Debt Collector & Advokat) dalam Penagihan Kredit / Piutang Macet Managing Customer Expectations and Dealing with Complaints

[X]
×