Kesehatan Umum

4 Cara mengatasi susah buang air besar

Selasa, 01 September 2020 | 11:19 WIB   Reporter: Belladina Biananda
4 Cara mengatasi susah buang air besar

ILUSTRASI. Cara mengatasi susah buang air besar bisa dengan memperbanyak asupan buah dan sayur. KONTAN/Muradi/2016/08/25

KONTAN.CO.ID - JAKARTA. Susah buang air besar memang merupakan hal yang biasa terjadi. Namun, hal tersebut menjadi masalah serius jika sering terjadi dalam jangka waktu yang lama. Cara mengatasi susah buang air besar pun perlu dilakukan agar kondisi kesehatan tak semakin parah.

Susah buang air besar terjadi saat tubuh kekurangan cairan dan serat. Awalnya makanan dan minuman diserap di usus kecil. Kemudian, sisanya disalurkan ke usus besar. Jika tubuh kekurangan cairan dan serat, feses yang terbentuk menjadi keras dan sulit untuk dibuang.

Baca Juga: Anda susah BAB? Ini buah-buahan yang ampuh mengobati sembelit

Very Well Health mengatakan, jika cara mengatasi susah buang air besar tak segera dilakukan, masalah yang lebih parah bisa terjadi. Susah buang air besar bisa mengakibatkan ambeien, prolaps rektum, dan fisura ani.

Perbanyak Makanan Berserat

Menambah asupan makanan berserat bisa jadi cara mengatasi susah buang air besar. Serat larut dalam air sehingga bisa melunakkan feses. Anda bisa menemukan sumber makanan berserat di buah-buahan, sayuran, dan biji-bijian.

Banyak Minum Air Putih

Jika tubuh dehidrasi, tubuh akan mengambil cairan yang dibutuhkan dari feses. Very Well Health mengatakan bahwa hal itu bisa jadi faktor utama mengapa feses menjadi sulit dikeluarkan. Karena itu, cara mengatasi susah buang air besar dilakukan dengan banyak minum air putih.

Meski perlu mencukupi cairan tubuh, Anda perlu memperhatikan cairan apa yang Anda minum. Alkohol dan kafein adalah jenis cairan yang membuat tubuh dehidrasi. Jadi, akan lebih baik jika Anda menghindarinya.

Baca Juga: Ini cara ampuh mencegah sembelit

Jangan Menunda Keinginan Buang Air Besar

Banyak orang yang merasa tidak nyaman jika harus buang air besar tidak di rumahnya sendiri. Kebiasaan tersebut sebaiknya tidak Anda lakukan lagi. Segera turuti keinginan tubuh saat ingin mengeluarkan feses. Cara mengatasi susah buang air besar ini dilakukan agar kondisi kesehatan Anda tak terganggu.

Gunakan Obat Pencahar

Cara mengatasi susah buang air besar lainnya yang bisa dilakukan adalah dengan menggunakan obat pencahar. Anda bisa mendapat obat pencahar di apotek. Alternatif ini akan membuat penyerapan air lebih sedikit sehingga feses bisa lebih lunak.

Obat pencahar akan menstimulus keinginan buang air besar dalam waktu 12 hingga 72 jam. Namun, Very Well Health mengingatkan agar penggunaan obat pencahar dalam jangka waktu singkat saja. Jika tak ada perubahan pada kondisi Anda, segera periksakan diri ke dokter.

Editor: Belladina Biananda


Terbaru