Tips Sehat

Anda susah BAB? Ini buah-buahan yang ampuh mengobati sembelit

Senin, 03 Agustus 2020 | 14:38 WIB   Reporter: Tri Sulistiowati
Anda susah BAB? Ini buah-buahan yang ampuh mengobati sembelit

ILUSTRASI. Ilustrasi. Jeruk nipis jadi salah satu buah yang ampuh meredakan sembelit.

KONTAN.CO.ID - JAKARTA. Anda sedang menderita sembelit? Berikut buah yang bisa meredakan sembelit alias susah Buang Air Besar (BAB) .

Sembelit alias susah BAB bisa menyerang siapa saja mulai dari anak bayi sampai orang tua. Sembelit memang bukanlah penyakit menular, tapi sembelit bisa mengancam nyawa bila tidak segera ditangani. 

Mengutip dari situs Grid.id, seseorang menderita sembelit karena kurang konsumsi makanan berserat. Alhasil, pergerakan usus tidak lancar.

Baca Juga: Pala, obat herbal yang ampuh meredakan asam lambung, begini cara konsumsinya

Sembelit juga disebabkan oleh konsumsi makanan yang mengandung gula, lemak, dan tepung secara berlebihan. 

Ternyata seseorang menderita sembelit tidak hanya karena konsumsi makanan yang salah. Pola tidur yang tidak baik juga memicu sembelit. 

Mengutip dari Tribunnews.com, stres dan kecemasan juga meningkatkan seseorang terkena sembelit. Dalam penelitian yang dilakukan para ahli menunjukkan stres mempengaruhi bakteri dalam usus. 

Jarang olahraga juga menjadi salah satu penyebab seseorang terkena sembelit. Aktivitas fisik atau olahraga teratur bisa mengurangi waktu yang dibutuhkan makanan untuk bergerak melalui usus. 

Gejala sembelit 

Seseorang yang menderita sembelit biasanya akan menampakkan sejumlah gejala seperti. 

  • Sakit perut 
  • Sakit saat BAB 
  • tinja keras, kering, atau kental 
  • Usus terasa tidak kosong setelah BAB

Umumnya, seseorang akan mengonsumsi pencahar atau obat resep dari dokter untuk mengobati sembelit. 

Alih-alih mengonsumsi pencahar, Anda bisa mengonsumsi buah-buahan berikut ini untuk melancarkan pencernaan dan mengobati sembelit. 

Buah-buahan yang ampuh meredakan sembelit 

Buah-buahan mengandung banyak serat, mineral, vitamin yang dibutuhkan oleh tubuh. Namun, ada buah-buahan yang bermanfaat menjaga kesehatan pencernaan tubuh Anda. 

Umumnya buah-buahan tinggi serat jadi buah yang mampu menjaga pencernaan Anda. Selain itu, buah-buahan tinggi serat juga bisa meredakan sembelit. 

Berikut buah-buahan yang dipercaya ampuh meredakan sembelit

Pepaya 

Sudah bukan rahasia bila pepaya dipercaya ampuh meredakan sembelit. Mengutip dari Kompas.com, pepaya mengandung karpaina yang berfungsi untuk mengatasi sembelit. 

Sekedar info, pepaya merupakan buah yang rendah asam sehingga aman dikonsumsi saat perut kosong. Selain itu, buah pepaya aman dikonsumsi untuk penderita asam lambung. 

Anda bisa makan seiris pepaya dalam ukuran besar saat sarapan. Cara ini dipercaya mampu meredakan penyakit sembelit Anda. 

Opsi lainnya mengonsumsi pepaya untuk meredakan sembelit adalah dengan cara mengonsumsi pepaya muda bersama garam dapur, jintan, dan sari jeruk. 

Apel 

Buah apel tidak hanya kaya akan vitamin C tapi juga kaya akan serat. Apel mengandung sekitar 1,2 gram serat yang mudah di serap oleh tubuh.

Apel mengandung Pectin yang bertugas membentuk rantai asam lemak yang berfungsi menarik air dari usus besar. Sehingga, tinja menjadi lebih lunak dan waktu cerna menjadi lebih cepat. 

Pisang 

Pisang, salah satu buah yang kaya akan serat. Serat dalam buah pisang bisa menyerap air dari usus besar sehingga melunakkan feses. 

Jeruk nipis 

Jeruk nipis kaya akan vitamin C dan juga mengandung flavonoid yang merangsang enzim-enzim pencernaan. 

Mengutip dari Tribunnews.com, sifat asam dari jeruk nipis merangsang pergerakan usus. Alhasil, proses pencernaan akan lebih lancar dan makanan lebih mudah terdorong keluar. 

Pir 

Buah pir kata serat dan mengandung fruktosa dan sorbitol. Mengutip dari Kompas.com, fruktosa bertugas untuk menyerap air dalam usus dengan proses osmosis dan menstimulasi gerakan usus. 

Buah-buahan di atas bisa Anda konsumsi saat menderita sembelit atau menjaga kesehatan pencernaan. 

Baca Juga: Daun pepaya ampuh mengobati demam dan mulas, begini cara konsumsinya

Editor: Tri Sulistiowati


Terbaru