HOME

Pala, obat herbal yang ampuh meredakan asam lambung, begini cara konsumsinya

Senin, 03 Agustus 2020 | 10:37 WIB   Reporter: Tri Sulistiowati
Pala, obat herbal yang ampuh meredakan asam lambung, begini cara konsumsinya

ILUSTRASI. MOROTAI,04/09-Buah Pala di desa Gemiamo, Morotai Timur, maluku Utara. KONTAN/Fransiskus Simbolon. Ilustrasi, Pala obat herbal yang ampuh meredakan asam lambung.

KONTAN.CO.ID - JAKARTA. Pala, obat herbal yang ampuh meredakan asam lambung. Anda Jangan asal konsumsi pala, begini cara meracik ramuan pala yang efektif meredakan asam lambung. 

Setiap orang pasti merasa tidak nyaman dan kesakitan saat asam lambung naik. Sebab, penderita asam lambung tidak hanya merasakan mual tapi juga tenggorokan sakit, mulut terasa asam, perut kembung, sampai nyeri di ulu hati. 

Sekedar info, penyakit asam lambung dipicu oleh sejumlah faktor dari stres sampai mengonsumsi makanan yang mengandung lemak tinggi dan pedas. 

Baca Juga: Buah pepaya ampuh redakan asam lambung

Umumnya para penderita asam lambung minum obat resep dokter untuk meredakan penyakitnya. 

Tahukah Anda bila meredakan asam lambung juga bisa menggunakan obat herbal. Cukup banyak jenis obat herbal untuk meredakan asam lambung salah satunya Pala.

Pala, obat herbal untuk asam lambung 

Pala salah satu rempah-rempah yang cukup tersohor di tanah air. Sudah bukan rahasia bila pala sering dijadikan obat untuk menyembuhkan beberapa penyakit.

Mengutip dari situs Balai Penelitian Tanaman Rempah dan Obat (Balittro), pala bermanfaat sebagai obat herbal yang mampu menyembuhkan asam lambung, suara serak, dan menghentikan mual serta muntah.  

Para penderita asam lambung bisa memanfaatkan biji pala untuk meredakan penyakitnya saat kambuh. 

Mengutip Jurnal berjudul Manfaat Kesehatan Tanaman Pala karya Lisna ROsalia Agaus, Reski Vinalia Agaus, biji pala bersifat karminatif, stomakik, stimulan, spasmolitik, antiemakik alias antimual.

Perlu diperhatikan, penderita asam lambung tidak boleh asal mengonsumsi biji pala. Sebab, untuk meredakan asam lambung biji pala harus dimasak dan dicampur dengan bahan lainnya. 

Berikut resep racikan biji pala yang efektif meredakan asam lambung. 

Bahan

  • Biji pala (serbuk) 1 gram 
  • Pisang batu (serbuk) 6 gram 
  • Air 100 ml 

Anda seduh biji pala dan pisang batu dengan air hangat. Anda minum seduhan biji pala dengan pisang batu satu kali sehari. Anda bisa meminum ramuan biji pala tersebut selama 30 hari. 

Sekedar info, Anda bisa membeli biji pala serbuk dan pisang batu serbuk di toko obat herbal atau secara online. 

Baca Juga: Tidak ingin asam lambung naik? Hindari makanan dan minuman ini

Editor: Tri Sulistiowati


Terbaru