Pengentalan darah bisa terjadi di 5 bagian tubuh ini

Sabtu, 14 November 2020 | 10:05 WIB   Penulis: Belladina Biananda
Pengentalan darah bisa terjadi di 5 bagian tubuh ini

KONTAN.CO.ID - JAKARTA. Darah yang keluar bisa berhenti karena adanya pengentalan. Namun, pengentalan darah yang berada di bagian tubuh tertentu justru bisa menyebabkan masalah. Anda perlu memerhatikan hal tersebut agar kondisi kesehatan tetap terjaga.

Darah bisa mengental di jenis pembuluh, yaitu pembuluh vena dan pembuluh arteri. Mengutip dari Healthline (healthline.com), penggumpalan pada arteri langsung menimbulkan gejala, seperti rasa sakit parah, beberapa bagian tubuh mati rasa, serangan jantung, hingga stroke.

Sedangkan penggumpalan pada pembuluh vena tidak langsung Anda rasakan. Seiring berjalannya waktu, darah yang menggumpal semakin memperburuk kesehatan Anda. Maka dari itu, penting bagi Anda untuk mewaspadai gejala yang timbul akibat pengentalan darah di beberapa lokasi berikut.

Kaki atau Tangan

Bagian tubuh yang paling sering mengalami penggumpalan darah adalah kaki dan lengan. Biasanya, darah yang menggumpal di bagian tubuh itu ditandai dengan rasa sakit, bengkak, berwarna merah, dan muncul rasa hangat.

Baca Juga: 5 Penyebab mata berdarah yang perlu diwaspadai

Setiap orang mengalami gejala penggumpalan darah yang berbeda-beda, tergantung dari seberapa besar penggumpalan darah yang terjadi. Healthline mengatakan bahwa, umumnya, penggumpalan darah tak terjadi di kedua tangan atau kaki sekaligus, melainkan hanya salah satunya saja.

Jantung

Organ dalam tubuh lainnya yang biasanya mengalami pengentalan darah adalah jantung. Namun, kasus penggumpalan darah di organ tersebut jarang terjadi. Biasanya, darah yang menggumpal akan menyebabkan nyeri dada yang cukup parah, sakit kepala ringan, dan kesulitan untuk bernapas.

Perut

Darah juga bisa mengental di bagin perut Anda. Selain menimbulkan rasa sakit, perut juga dapat mengalami pembengkakan. Namun, Anda perlu memerhatikan gejala tersebut karena ciri-ciri penggumpalan darah di perut mirip dengan keracunan makanan atau terinfeksi virus.

Otak

Healthline mengatakan bahwa darah dapat mengental di bagian otak manusia. Umumnya, kondisi tersebut dikenal dengan istilah stroke. Beberapa gejala yang bisa dialami seseorang saat mengalami stroke adalah sakit kepala parah yang datang secara tiba-tiba dan kesulitan untuk berbicara serta melihat.

Baca Juga: Penyebab mimisan yang perlu Anda waspadai dan cara menghentikannya

Paru-Paru

Selain bagian-bagian tubuh yang telah disebutkan, pengentalan darah dapat terjadi di paru-paru manusia. Hal itu disebut dengan istilah Pulmonary Embolism atau PE. Ada beberapa gejala yang perlu Anda perhatikan.

Mulai dari nyeri dada, detak jantung meningkat, dan batuk yang disertai darah. Tak hanya itu, Anda juga akan mengalami kesulitan untuk bernapas meski tidak sedang melakukan aktivitas fisik berat.

Selanjutnya: Konsumsi 4 makanan sehat untuk jantung ini, yuk

Editor: Belladina Biananda
Terbaru