Kesehatan Umum

5 Penyebab mata berdarah yang perlu diwaspadai

Rabu, 21 Oktober 2020 | 15:27 WIB   Penulis: Belladina Biananda
5 Penyebab mata berdarah yang perlu diwaspadai

ILUSTRASI. Ada banyak faktor yang jadi penyebab mata berdarah.


KONTAN.CO.ID - Mata berdarah terjadi saat pembuluh darah di bawah permukaan mata mengalami kerusakan. Agar pengobatan bisa dilakukan secara tepat, mengetahui beberapa penyebabnya penting untuk Anda lakukan.

Saat pembuluh darah di bawah permukaan mata mengalami kerusakan, bagian putih mata menjadi berwarna merah. Anda perlu mengetahui beberapa penyebabnya penting, biar pengobatan bisa dilakukan secara tepat. 

Cedera

Pembuluh darah di bagian mata bisa rusak karena cidera. Mengutip dari Healthline, beberapa hal yang mengakibatkan hal itu adalah batuk, bersin, muntah, mengangkat benda berat, alergi, menggunakan lensa kontak, atau memiliki tekanan darah tinggi.

Anak-anak yang memiliki asma atau batuk parah juga bisa mengalami mata berdarah. Kondisi tersebut juga bisa disebabkan karena kecelakaan atau menggosok mata terlalu kasar.

Hifema

Selain cedera, mata berdarah juga bisa disebabkan karena hifema. Hifema merupakan kondisi di mana darah berkumpul di antara iris dan kornea mata.

Beberapa hal yang menyebabkan kondisi ini adalah infeksi, pembuluh darah abnormal, penggumpalan darah, atau kanker mata.

Baca Juga: 4 Cara menjaga kesehatan mata agar penglihatan terjaga

Pengobatan

Melansir dari Healthline, obat pengencer darah untuk mengobati seseorang yang mengalami penggumpalan darah bisa menyebabkan pendarahan di mata. Beberapa jenis obat yang dimaksud adalah warfarin, rivaroxaban, dabigatran, dan heparin.

Selain obat pengencer darah, obat atau suplemen yang dijual di pasaran juga dapat menyebabkan pendarahan di bagian mata. Misalnya, ibuprofen, aspirin, vitamin E, dan naproxen.

Saat memeriksakan diri ke dokter, penting bagi Anda untuk mengatakan obat apa yang sedang Anda konsumsi.

Kondisi kesehatan

Kondisi kesehatan yang sedang Anda alami juga bisa jadi penyebab mata berdarah. Beberapa penyakit yang dimaksud, yaitu retinopati diabetik, arteriosklerosis di mana elastisitas pembuluh darah berkurang, aneurisma, sindrom terson, dan lain sebagainya.

Baca Juga: 7 Cara aman mengurangi mata minus

Infeksi

Menurut Healthline, infeksi virus atau bakteri memang tidak menyebabkan mata berdarah. Namun, faktor ini bisa memperburuk kondisi pembuluh darah.

Mata akan terlihat berwarna merah karena pembuluh darah berkumpul untuk melawan infeksi. Jika penyebab tersebut tak segera diobati, kondisi kesehatan mata Anda akan terganggu.

Beberapa gejala yang patut diwaspadai adalah mata bengkak, berair, dan terasa sakit, serta pandangan mengabur. Anda perlu memeriksakan diri ke dokter untuk mendapat perawatan yang tepat.

Selanjutnya: 5 Penyebab sakit mata yang perlu diwaspadai

Editor: Belladina Biananda


Terbaru