7 Cara aman mengurangi mata minus

Jumat, 18 September 2020 | 12:33 WIB   Penulis: Belladina Biananda
7 Cara aman mengurangi mata minus

ILUSTRASI. Beberapa cara mengurangi mata minus perlu Anda lakukan agar tak semakin parah.


KONTAN.CO.ID - Tanpa operasi laser atau kacamata yang dokter resepkan, belum ada metode pasti yang bisa seseorang gunakan sebagai cara mengurangi mata minus.

Namun, Anda bisa mencoba hal berikut ini agar kesehatan mata tetap terjaga, termasuk mencegah mata minus menjadi lebih parah:

  • Konsumsi makanan bergizi

Untuk mencegah mata minus menjadi lebih parah, Anda perlu mengonsumsi makanan bergizi yang mengandung antioksidan dan vitamin A. Mengutip Nvision, sayur, wortel, dan ikan bisa Anda gunakan untuk menjaga kesehatan mata Anda.

  • Cukupi waktu tidur

Saat Anda merasa sangat lelah, mata cenderung lebih mudah menegang, kering, dan gatal. Jika Anda biarkan, hal itu bisa menimbulkan masalah yang lebih besar.

Maka dari itu, usahakan untuk terus mencukupi waktu tidur Anda agar kesehatan mata tetap terjaga.

Baca Juga: Cara efektif memilih warna softlens yang bagus

  • Rutin olahraga

Cara mengurangi mata minus juga bisa Anda lakukan dengan rutin olahraga. Aktivitas fisik ini berguna untuk meningkatkan sirkulasi darah dan oksigen ke seluruh tubuh, termasuk mata.

Dengan begitu, mata menjadi tak mudah kering sehingga penglihatan Anda tetap terjaga kesehatannya.

  • Hindari paparan sinar matahari

Tak hanya berdampak buruk bagi kesehatan kulit, sinar UV dari matahari juga tak sehat untuk mata. Mata minus Anda bisa lebih parah jika terlalu banyak dan sering terpapar sinar matahari.

Cara mengurangi mata minus bisa Anda lakukan dengan menggunakan kacamata hitam atau kacamata polarized. Jenis kacamata polarized akan menyaring cahaya sebelum diterima oleh mata Anda.

Baca Juga: Cara mengobati mata merah biar kondisinya tak semakin parah

 

  • Istirahatkan mata

Mengistirahatkan mata adalah hal wajib yang perlu Anda lakukan setiap hari. American Optometric Association merekomendasikan metode 20:20:20.

Artinya, setelah menatap layar ponsel, laptop, atau jenis gawai lain, istirahatkan mata dengan menatap benda lain sejauh 20 kaki selama 20 detik.

Cara tersebut Anda lakukan untuk mencegah saraf mata menegang. Sehingga, Anda terhindar dari kelelahan mata, sakit kepala, nyeri leher, dan mata minus yang semakin parah.

  • Berhenti merokok

Melansir Nvision, cara mengurangi mata minus juga bisa Anda lakukan dengan berhenti merokok. Merokok dapat meningkatkan risiko terkena penyakit, termasuk kerusakan pada saraf optik dan katarak.

  • Jaga kebersihan

Menjaga kebersihan diri juga penting agar kesehatan mata tetap terjaga. Cucilah tangan dan wajah secara rutin. Jika Anda menggunakan lensa kontak, pastikan untuk menjaga kebersihan menyimpannya dengan cara yang benar.

Selanjutnya: Benarkah konsumsi wortel bisa menurunkan minus mata anak?

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Editor: Belladina Biananda

Terbaru