Kesehatan Umum

5 Penyebab sakit mata yang perlu diwaspadai

Jumat, 09 Oktober 2020 | 14:24 WIB   Reporter: Belladina Biananda
5 Penyebab sakit mata yang perlu diwaspadai

ILUSTRASI. Penyebab sakit mata perlu Anda waspadai agar kondisi kesehatan terjaga.

KONTAN.CO.ID - Biasanya, sakit mata ditandai dengan gejala berupa mata terasa kering, gatal, dan berwarna merah, bengkak, dan disertai sakit kepala. Anda perlu mengetahui penyebab sakit mata.

Nah, penyebab sakit mata berikut perlu Anda ketahui agar lebih mudah dalam melakukan pengobatan dan perawatan:

Sakit yang terjadi di permukaan mata

Mengutip dari Buoy Health, sakit di permukaan mata bisa dipicu oleh beberapa hal. Mulai dari alergi, mata kering, kornea yang robek akibat lensa kontak, infeksi bakteri atau virus, hingga zat kimia dalam produk-produk yang dijual di pasaran.

Kondisi tubuh

Selain berasal dari luar tubuh, kondisi Anda sendiri juga dapat menjadi penyebab sakit mata. Misalnya, menggunakan kacamata atau lensa kontak yang tak sesuai dengan kebutuhan mata, sakit kepala atau migrain, penggunaan obat tertentu, dan masalah di sistem saraf.

Baca Juga: Jangan panik! Begini cara meredakan mata merah

Konjungtivitis bakteri

Konjungtivitis bakteri adalah peradangan selaput yang melindungi mata akibat infeksi bakteri. Menurut Buoy Health, bakteri bisa menginfeksi mata seseorang karena berbagai macam faktor.

Beberapa hal yang menyebabkan infeksi bakteri pada mata adalah mengucek mata dengan tangan yang terkontaminasi bakteri, menggunakan make up mata yang sama dengan orang lain, dan berbagi handuk atau perlengkapan pribadi lainnya bersama orang yang berbeda.

Penyebab sakit mata ini biasa anak-anak alami, tapi tak menutup kemungkinan terjadi pula pada orang dewasa. Dokter akan mendiagnosa konjungtivitis bakteri yang dialami seseorang dengan tes fisik, riwayat kesehatan, dan tes mata. Penyakit ini bisa diobati dengan antibiotik.

Konjungtivitas vernal

Selain bakteri, alergi juga bisa jadi penyebab sakit mata. Alergi yang berkepanjangan akan membuat mata bengkak dan meradang. Biasanya, seseorang yang mengalami ini juga menderita asma atau eksim.

Baca Juga: Ingin mata tetap sehat? Simak tips berikut ini

Blefaritis

Blefaritis merupakan jenis sakit mata yang disebabkan oleh infeksi bakteri di kelopak mata. Pertumbuhan bakteri akan berlipat ganda saat pori-pori di sekitar bulu mata tersumbat. Penyumbatan itu dipicu oleh cairan lensa kontak, make up mata, dan lain sebagainya.

Beberapa gejala blefaritis, melansir Buoy Health, adalah kelopak mata yang bengkak, merah, dan terasa sakit, bulu mata rontok, dan muncul kotoran semacam ketombe di sekitar bulu mata. Hal tersebut tak boleh Anda abaikan karena bisa mengganggu kesehatan kornea dan bagian mata lainnya.

Selanjutnya: Cara mengobati mata merah biar kondisinya tak semakin parah

Editor: Belladina Biananda


Terbaru