Kesehatan Umum

4 Cara menjaga kesehatan mata agar penglihatan terjaga

Rabu, 14 Oktober 2020 | 12:15 WIB   Reporter: Belladina Biananda
4 Cara menjaga kesehatan mata agar penglihatan terjaga

ILUSTRASI. Cara menjaga kesehatan mata perlu Anda lakukan agar penglihatan tak cepat rusak.

KONTAN.CO.ID - Mata merupakan salah satu bagian tubuh yang perlu selalu Anda jaga. Jika tidak, kegiatan Anda sehari-hari bisa terganggu. Ada banyak cara menjaga kesehatan mata yang bisa Anda lakukan.

Beberapa tips berikut bisa Anda coba agar mata tak mengalami masalah:

Konsumsi makanan bergizi

Cara menjaga kesehatan mata yang pertama adalah dengan mengonsumsi sumber makanan bergizi. Webmd.com merekomendasikan agar Anda rutin makan berbagai macam nutrisi, seperti asam lemak omega-3, zinc, vitamin E, dan vitamin C.

Berbagai macam nutrisi tersebut membantu tubuh Anda melawan penyakit mata, seperti katarak dan degenerasi makula. Degenerasi makula adalah penyakit mata di mana kemampuan penglihatan menghilang karena retina mengalami kerusakan.

Anda bisa memenuhi kebutuhan kesehatan Anda dengan makan sayuran hijau, minyak ikan dari salmon atau tuna, protein dari telur, dan buah-buahan. Selain menjaga kesehatan mata, sumber makanan tersebut juga mampu meningkatkan kesehatan Anda secara keseluruhan.

Baca Juga: Catat, inilah penyebab katarak dan cara mencegahnya

Jangan merokok

Salah satu cara menjaga kesehatan mata adalah dengan berhenti merokok.

Kebiasaan merokok akan meningkatkan risiko seseorang terkena katara, degenerasi makula, kerusakan pada saraf optik, dan penyakit mata lainnya. Jika Anda memiliki kebiasaan tersebut dan sulit untuk menghentikannya, Anda bisa berkonsultasi pada dokter untuk mendapat cara berhenti yang tepat.

Pakai kacamata hitam

Webmd.com mengatakan, sinar UV dari matahari juga bisa menyebabkan mata rusak. Salah satu cara menjaga kesehatan mata adalah dengan menggunakan kacamata hitam saat melakukan kegiatan di luar ruangan yang terkena banyak paparan sinar matahari.

Pilihlah kacamata hitam yang mampu menghadang sinar UVA dan sinar UVB. Hal yang sama juga berlaku pada lensa kontak yang Anda gunakan. Agar mata semakin terjaga, pilihlah lensa kontak yang mampu memberi perlindungan sinar UV.

Baca Juga: 4 Penyebab mata kiri kedutan dan cara mengatasinya

Jangan terlalu lama menatap layar

Layar gawai yang Anda gunakan sehari-hari, misalnya, ponsel atau laptop, memberikan dampak yang cukup berbahaya bagi kesehatan mata. Beberapa tanda yang perlu Anda perhatikan saat sudah terlalu lama menatap layar adalah mata kering, sakit kepala, dan penglihatan mulai mengabur.

Menggunakan kacamata yang sesuai dengan kondisi mata perlu Anda lakukan. Selain itu, usahakan untuk sering mengistirahatkan mata. Jika mata terasa kering, Anda bisa mengedipkan mata beberapa kali.

Selanjutnya: 5 Penyebab sakit mata yang perlu diwaspadai

Editor: Belladina Biananda


Terbaru