Kesehatan Umum

4 Penyebab mata kiri kedutan dan cara mengatasinya

Kamis, 08 Oktober 2020 | 12:18 WIB   Reporter: Belladina Biananda
4 Penyebab mata kiri kedutan dan cara mengatasinya

ILUSTRASI. Mata kanan atau mata kiri kedutan bisa diatasi tergantung dari penyebabnya.


KONTAN.CO.ID - Mata kanan atau mata kiri kedutan adalah suatu kondisi di mana kelopak mata menegang secara tak terkendali. Biasanya, kondisi tersebut terjadi dalam beberapa menit saja.

Namun, tak sedikit kasus mata kedutan terjadi dalam jangka waktu lama.

Mengutip dari All About Vision, ada beberapa hal yang menyebabkan terjadinya mata kedutan. Mulai dari stres, kelelahan, kekurangan nutrisi, alergi, pola hidup yang kurang sehat, atau faktor lainnya.

Dengan memahami faktor-faktor yang menyebabkan mata kedutan, Anda bisa lebih mudah melakukan pengobatan. Misalnya, mengubah beberapa kebiasaan atau pola hidup atawa berkonsultasi dengan dokter agar mendapat perawatan yang tepat.

Baca Juga: Mata suka kedutan, ini penyebabnya

Stres dan kelelahan

Stres dan kelelahan adalah salah satu faktor umum yang menyebabkan mata kedutan. Tentu saja, cara yang bisa Anda lakukan untuk mengatasi penyebab itu adalah dengan beristirahat dan mengelola stres lebih baik.

Pastikan untuk mendapat waktu istirahat yang cukup di malam hari, apalagi saat Anda bekerja seharian di depan layar laptop atau peralatan elektronik lainnya. Anda dapat mengelola stres dengan meditasi, yoga, bermain bersama binatang peliharaan, atau melakukan hobi yang Anda sukai.

Kafein dan alkohol

Kafein dalam kopi bisa jadi salah satu penyebab mata kanan atau mata kiri kedutan.

Selain mengganggu kesehatan tubuh yang lain, mengonsumsi terlalu banyak kafein dan alkohol juga bisa menyebabkan mata kedutan, lo. Anda perlu membatasi konsumsi dua minuman itu agar mata tak kedutan dalam jangka waktu lama.

Beberapa sumber makanan yang mengandung kafein adalah teh, kopi, dan cokelat. Cobalah untuk membatasi konsumsi makanan atau minuman itu selama beberapa minggu agar mata kanan atau mata kiri kedutan bisa berkurang.

Baca Juga: 7 Cara aman mengurangi mata minus

Editor: Belladina Biananda


Terbaru