Kesehatan Umum

Konsumsi 4 makanan sehat untuk jantung ini, yuk

Senin, 09 November 2020 | 14:15 WIB   Penulis: Belladina Biananda
Konsumsi 4 makanan sehat untuk jantung ini, yuk


KONTAN.CO.ID - JAKARTA. Sakit jantung merupakan salah satu jenis penyakit yang cukup berbahaya. Maka dari itu, mengonsumsi makanan sehat untuk jantung merupakan hal penting yang perlu Anda lakukan. Makanan-makanan berikut berfungsi untukmengontrol tekanan darah, kolesterol, dan mengurangi peradangan.

Sayuran Hijau

Sayuran hijau, seperti bayam, merupakan sumber makanan yang mengandung banyak mineral, antioksidan, dan vitamin, khususnya vitamin K. Healthline (healthline.com) mengatakan bahwa vitamin K berfungsi untuk menjaga arteri dan mencegah penggumpalan darah.

Mengonsumsi sayuran hijau secara rutin mampu menurunkan resiko penyakit jantung. Salah satu penelitian yang menganalisis delapan penelitian membuktikan hal itu. Meningkatkan konsumsi sayuran hijau mampu menurunkan resiko sakit jantung sebanyak 16%.

Biji-Bijian Utuh

Makanan sehat untuk jantung lainnya adalah yang terbuat dari biji-bijian utuh. Anda bisa mengonsumsi roti gandum, nasi cokelat, oatmeal, dan jenis makanan lainnya. Makanan yang terbuat dari biji-bijian utuh mengandung lebih banyak serat yang mampu mengontrol kolesterol dan menurunkan lemak jahat (LDL).

Baca Juga: Yuk, kenali 5 penyebab jantung berdebar ini

Mengonsumsi makanan yang terbuat dari biji-bijian utuh lebih dari tiga porsi setiap hari mampu menurunkan resiko sakit jantung sebanyak 22%. Penelitian lain juga membuktikan hal serupa. Mengonsumsi minimal tiga porsi makanan dari biji-bijian utuh menurunkan resiko stroke sebanyak 25%.

Alpukat

Jumlah kolesterol dan resiko penyakit jantung bisa turun saat Anda mengonsumsi sumber makanan yang mengandung lemak tak jenuh tunggal (monounsaturated fat). Hal itu bisa Anda dapatkan dengan mengonsumsi alpukat secara rutin.

Healthline mengatakan bahwa alpukat mengandung banyak nutrisi lain. Dalam sebuah alpukat, Anda bisa mendapat 975 mg potasium atau sekitar 28% dari kebutuhan per hari Anda. Memenuhi kebutuhan 4.7 g potasium tiap hari mampu menurunkan resiko stroke sebanyak 15%.

Baca Juga: Berikut 4 cara mudah mencegah penyakit jantung

Tomat

Tomat jadi salah satu makanan sehat untuk jantung karena mengandung banyak antioksidan.

Makanan sehat untuk jantung selanjutnya yang layak Anda konsumsi secara rutin adalah tomat. Buah ini mengandung banyak antioksidan yang terdapat pada likopen. Antioksidan bertugas untuk melawan serangan radikal bebas yang menyebabkan sakit jantung.

Pembuluh darah yang mengandung sedikit likopen mampu meningkatkan resiko serangan jantung dan stroke. Salah satu analisis yang menguji 25 penelitian menunjukkan bahwa mengonsumsi makanan yang kaya likopen bisa menurunkan resiko masalah kesehatan tersebut.

Selanjutnya: 4 Cara menjaga kesehatan ginjal agar tubuh tetap bugar

Editor: Belladina Biananda


Terbaru