kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45920,31   -15,20   -1.62%
  • EMAS1.347.000 0,15%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

4 Cara menjaga kesehatan ginjal agar tubuh tetap bugar


Selasa, 03 November 2020 / 08:20 WIB
4 Cara menjaga kesehatan ginjal agar tubuh tetap bugar


Penulis: Belladina Biananda

KONTAN.CO.ID - JAKARTA. Ginjal merupakan salah satu organ penting dalam tubuh manusia. Fungsinya adalah untuk menyaring kotoran sehingga bisa dikeluarkan. Jika kondisi ginjal tak diperhatikan, kesehatan Anda bisa terganggu. Berikut ini cara menjaga kesehatan ginjal yang patut Anda lakukan.

Perbanyak Aktivitas Fisik

Melakukan aktivitas fisik mampu menurunkan resiko penyakit ginjal karena berat badan terjaga, begitu pula dengan tekanan darah Anda. Artinya, semakin banyak aktivitas fisik yang Anda lakukan, semakin sehat pula. Namun, pastikan untuk tidak melakukan aktivitas secara berlebihan, ya.

Anda bisa memilih jenis aktivitas fisik yang Anda senangi. Mulai dari berenang, bersepeda, jogging, atau olahraga beregu yang bisa dilakukan bersama teman-teman. Jika Anda memiliki kondisi kesehatan yang lain, sebaiknya konsultasikan dulu dengan dokter sebelum memulai olahraga yang Anda pilih.

Kurangi Konsumsi Garam

Mengutip dari World Kidney Day (worldkidneyday.org), mengurangi konsumsi garam harian bisa jadi cara menjaga kesehatan ginjal Anda. Tak hanya itu, makanan yang makanan yang tak terlalu asin juga berpengaruh pada kondisi kesehatan yang lain.

Baca Juga: 4 Cara menjaga kesehatan jantung yang efektif

Contohnya, menurunkan tekanan darah, mencegah diabetes, dan menurunkan resiko penyakit jantung yang berkaitan dengan sakit ginjal. Usahakan untuk mengonsumsi makanan bersodium maksimal 5-6 g per hari.

Alih-alih mengonsumsi makanan cepat saja atau makanan lain yang mengandung banyak sodium, Anda bisa menggantinya dengan sayur, buah, atau makanan segar lainnya.

Cek Gula Darah

Penyakit ginjal biasanya juga dimiliki oleh penderita diabetes. Maka dari itu, pastikan untuk melakukan cek jumlah gula darah dalam tubuh secara rutin. Apalagi jika Anda sudah berusia tua. Lakukan cek gula darah dengan tes darah, tes urin, atau jenis tes lain yang direkomendasikan dokter.

Baca Juga: 4 Makanan penyebab sakit ginjal yang perlu dihindari

Berhenti Merokok

Cara menjaga kesehatan ginjal bisa dengan berhenti merokok.

World Kidney Day mengatakan bahwa kebiasaan merokok membuat aliran darah menuju ginjal terhambat. Saat kekurangan darah, fungsi ginjal menjadi kurang maksimal. Tak hanya itu, merokok juga meningkatkan resiko kanker ginjal sebanyak 50%.

Maka dari itu, segera menghentikan kebiasaan merokok penting untuk Anda lakukan. Jika Anda merasa kesulitan untuk menghentikan kebiasaan itu, tak ada salahnya untuk berkonsultasi dengan dokter atau ahli kesehatan lainnya. Dokter akan membantu Anda mencari metode efektif untuk Anda.

Selanjutnya: Awas! Kurang minum air bisa memicu gagal ginjal

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News




TERBARU
Kontan Academy
Supply Chain Management on Sales and Operations Planning (S&OP) Negosiasi & Mediasi Penagihan yang Efektif Guna Menangani Kredit / Piutang Macet

[X]
×