kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45985,97   -4,40   -0.44%
  • EMAS1.222.000 0,41%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

4 Cara menjaga kesehatan jantung yang efektif


Selasa, 27 Oktober 2020 / 10:42 WIB
4 Cara menjaga kesehatan jantung yang efektif
ILUSTRASI. Cara menjaga kesehatan jantung perlu dilakukan agar tubuh sehat.


Penulis: Belladina Biananda

KONTAN.CO.ID - JAKARTA. Jantung merupakan organ dalam tubuh manusia yang memiliki fungsi penting. Maka dari itu, cara menjaga kesehatan jantung perlu Anda lakukan setiap hari agar kesehatan Anda tetap terjaga. Ada banyak yang bisa Anda lakukan seperti cara-cara dalam artikel ini.

Konsumsi Makanan Bergizi

Mengonsumsi makanan bergizi penting untuk jantung dan kesehatan tubuh secara keseluruhan. Alih-alih mengonsumsi makanan yang mengandung banyak garam, gula, lemak trans, dan lemak jenuh, Anda perlu menggantinya dengan makanan yang lebih sehat.

Heart Foundation (heartfoundation.org.au) merekomendasikan Anda untuk mengonsumsi makanan yang kaya serat, lemak tak jenuh, dan antioksidan. Makanan yang terbuat dari gandum utuh juga bisa Anda coba karena mengandung vitamin B, vitamin E, dan lemak yang sehat untuk jantung.

Garam berlebih yang Anda konsumsi setiap hari mampu meningkatkan resiko tekanan darah tinggi karena mengandung banyak sodium. Agar makanan tetap terasa lezat, Anda bisa memakai berbagai macam rempah dan bahan alami lainnya.

Baca Juga: Yuk, kenali 5 penyebab jantung berdebar ini

Perbanyak Aktivitas Fisik

Rajin olahraga bisa jadi cara menjaga kesehatan jantung.

Cara menjaga kesehatan jantung selanjutnya adalah memperbanyak aktivitas fisik Anda sehari-hari. Dengan melakukan hal tersebut, resiko mengalami tekanan darah tinggi, kolesterol, dan obesitas akan menurun.

Tak hanya menyehatkan jantung, aktivitas fisik juga meningkatkan kekuatan otot dan tulang sehingga Anda bisa jadi lebih berenergi. Anda bisa memilih berbagai macam aktivitas fisik yang Anda sukai. Misalnya, jogging, bersepeda, atau melakukan olahraga regu yang dimainkan bersama teman-teman.

Berhenti Merokok

Heart Foundation mengatakan, kesehatan jantung bisa terjaga jika Anda menghentikan kebiasaan merokok. Kebiasaan itu mengganggu kesehatan pembuluh darah menuju jantung, otak, dan bagian tubuh yang lain.

Merokok akan meningkatkan resiko serangan jantung dan stroke sebanyak empat kali lipat. Jika Anda merasa kesulitan untuk berhenti merokok, ada baiknya untuk berkonsultasi dengan dokter. Dokter akan menyarankan cara yang lebih efektif agar Anda bisa berhenti melakukan kebiasaan itu.

Baca Juga: Berikut 4 cara mudah mencegah penyakit jantung

Kontrol Jumlah Kolesterol

Kolesterol merupakan jenis lemak yang ada dalam tubuh. Saat jumlahnya berlebihan, kolesterol akan mengganggu kesehatan jantung dan kesehatan bagian tubuh Anda yang lain. Maka dari itu, penting bagi Anda untuk mengontrol jumlah kolesterol dalam tubuh.

Hindari makanan yang mengandung banyak lemak jenuh dan lemak trans, seperti gorengan atau makanan cepat saji. Anda bisa menggantinya dengan mengonsumsi buah, sayur, dan makanan bergizi lainnya.

Selanjutnya: 5 Cara menjaga kesehatan ginjal yang wajib dicoba

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News




TERBARU
Kontan Academy
Mastering Financial Analysis Training for First-Time Sales Supervisor/Manager 1-day Program

[X]
×