kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45985,97   -4,40   -0.44%
  • EMAS1.222.000 0,41%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

Penderita kanker wajib berjemur di matahari pagi


Selasa, 15 November 2016 / 12:52 WIB
Penderita kanker wajib berjemur di matahari pagi


Reporter: Adi Wikanto | Editor: Adi Wikanto

Jakarta. Wanita dengan kadar vitamin D yang tinggi, lebih mungkin untuk bertahan hidup saat didiagnosa mengidap kanker payudara.

Dilansir dari The Sun, Peneliti AS mengikuti perkembangan 1.666 pasien kanker payudara yang telah dua bulan didiagnosa menderita kanker. Mereka menemukan, wanita dengan kadar tertinggi vitamin D dalam tubuh, memiliki kesempatan 30% lebih besar untuk bertahan hidup.

Para peneliti percaya, manfaat vitamin D bagi pasien kanker payudara berhubungan dengan perannya dalam mempromosikan perkembangan sel normal dan menghambat reproduksi sel kanker, bahkan efektif untuk membunuh sel tersebut.

Penelitian sebelumnya telah menunjukkan bahwa kadar vitamin D yang rendah pada wanita premenopause, berhubungan dengan meningkatnya risiko pertumbuhan tumor ganas.

Kekurangan vitamin D juga telah dikaitkan dengan tumor triple-negatif, suatu bentuk tumor yang jarang namun agresif yang ditemukan pada satu dari lima kasus.

Associate Professor Onkologi, Song Yao dari Roswell Park Cancer Institute di Buffalo, New York, mengatakan, "Dibandingkan dengan penelitian tentang risiko kanker payudara, hanya sedikit yang meneliti hubungan antara status vitamin D dengan pemulihan kanker payudara.”

Dengan sumber data yang sangat kaya serta ukuran sampel yang besar, peneliti menganalisis tiga kemungkinan besar akibat kanker payudara, yaitu kekambuhan, kanker primer kedua, dan kematian.

"Kami juga melihat beberapa kemungkinan yang dapat mempengaruhi tingkat vitamin D seperti usia, obesitas, ras dan etnis, status sosial ekonomi dan beberapa karakteristik tumor yang mempengaruhi perkembangan kanker payudara untuk memastikan bahwa efek yang kami teliti bebas dari faktor-faktor ini,” lanjut Yao dalam studi yang diterbitkan oleh JAMA Onkologi.

Vitamin D sendiri dapat diperoleh dari sinar matahari pagi dan ditemukan dalam ikan berlemak. Kekurangan vitamin D telah dikaitkan dengan beberapa risiko kanker.

(Bestari Kumala Dewi)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News




TERBARU
Kontan Academy
Mastering Financial Analysis Training for First-Time Sales Supervisor/Manager 1-day Program

[X]
×