kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45928,35   -6,99   -0.75%
  • EMAS1.321.000 0,00%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

Panji Petualang Sakit Diabetes, Cermati Buah-Buahan untuk Penderita Diabetes


Minggu, 27 Agustus 2023 / 05:00 WIB
Panji Petualang Sakit Diabetes, Cermati Buah-Buahan untuk Penderita Diabetes


Sumber: Kompas.com | Editor: Adi Wikanto

Buah untuk Penderita Diabetes. Jakarta - Lama tak terdengar, ternyata aktor Panji Petualang sakit diabetes. Mari simak cerita Panji Petualang terkait penyakit diabetes yang diidapnya. Cermati juga daftar buah-buahan untuk penderita diabetes.

Diberitakan Kompas.com, YouTuber Muhammad Panji atau tenar dengan panggilan Panji Petualang menceritakan awal mula dirinya didiagnosis menderita penyakit diabetes.

Panji Petualang sakit diabetes saat memasuki bulan Ramadhan tahun 2023. Panji kehilangan berat badannya hingga 30 kilogram akibat sakit diabetes.

“Sekalinya kena vonis diagnosa diabet, waduh itu benar-benar kayak yang ‘Hah, diabet’. (Turun) dari awalnya 95 kilogram, jadi 65 kilogram,” cerita Panji di Jakarta Selatan, Jumat (11/8).

Panji Petualang sakit diabetes karena faktor keturunan. Dahulu, sang ayah juga menderita penyakit diabetes.

Baca Juga: 13 Cara untuk Mengatasi Kadar Gula Darah Tinggi dalam Darah

Selain ini, pria 34 tahun ini juga mengaku memiliki pola hidup yang tak sehat sehingga memicu timbulnya penyakit. “Jadi abis makan malam kan kebanyakan, tidur terus abis itu makan nasi malam itu yang bahaya, makan nasi malam dan tidur. Itu yang bikin pemicu diabetnya,” ucap Panji.

Setelah mengetahui sakit diabetes, Panji Petualang pun langsung mengurangi aktivitas berat. Pasalnya, saat ini badannya jadi mudah lelah.

Tak hanya itu, dia juga rutin mengonsumsi obat-obatan dan herbal sesuai anjuran dokter. Berkat disiplin minum obat dan herbal, dia mengaku tubuhnya semakin bugar.

“Aku juga ikhtiar pengobatan baik medis maupun alternatif itu kita jalani karena emang semangat sembuhnya masih tinggi,” ucap Panji Petualang.

Panji Petualang bersyukur, dia memiliki orang-orang yang mendukung dan mendoakannya di tengah kesulitas karena mengidap diabetes.

Buah untuk penderita diabetes

Penderita diabetes wajib memilih bahan makanan yang akan dikonsumsi. Pasalnya, sejumlah bahan makanan tinggi gula sehingga bisa memperparah diabetes.

Termasuk juga buah, ada beberapa buah yang baik untuk penderita diabetes. Ada juga buah yang dilarang untuk penderita diabetes.

Berikut buah untuk penderita diabetes:

1. Alpukat

Buah untuk penderita diabetes yang pertama adalah alpukat. Dikutip dari Health, alpukat merupakan buah yang hampir bebas gula dan sangat bergizi. Satu buah alpukat utuh mengandung kurang dari setengah gram (0,5) gram gula, 9 gram serat, dan kaya akan lemak tak jenuh tunggal.

Sebuah studi menemukan bahwa konsumsi alpukat setiap hari selama 12 minggu meningkatkan kontrol gula darah, faktor risiko kardiometabolik, dan kualitas diet secara keseluruhan pada orang dewasa dengan obesitas dan resistensi insulin.

2. Lemon dan jeruk nipis

Buah untuk penderita diabetes yang kedua adalah lemon dan jeruk nipis. Jeruk nipis mengandung 1,1 gram gula, 7 gram karbohidrat, dan 1,9 gram serat per buah. Sementara lemon mengandung 1,5 gram gula, 5,4 gram karbohidrat, dan 1,6 gram serat per buah. Coba tambahkan irisan ke air atau perasan jus untuk menambah rasa getir pada hidangan.

3. Aprikot

Buah untuk penderita diabetes yang ketiga adalah aprikot. Aprikot mengandung 3,2 gram gula, 3,8 gram karbohidrat, dan 0,7 gram serat per buah aprikot berukuran kecil. Anda dapat menikmatinya utuh, kulit, dan semua bagiannya.

4. Cranberry

Buah untuk penderita diabetes yang keempat adalah cranberry. Cranberry mengandung 3,8 gram gula, 12 gram karbohidrat, dan 3,6 gram serat per cangkir. Buah ini juga merupakan sumber yang kaya senyawa tumbuhan bermanfaat dengan sifat antioksidan, zat yang mampu membatasi kerusakan akibat radikal bebas.

5. Jambu biji

Buah untuk penderita diabetes yang kelima adalah jambu biji. Dikutip dari Very Well Fit, jambu biji mengandung 4,9 gram gula, 7,9 gram karbohidrat, dan 3 gram serat per buah.

Anda bisa mengiris dan memakan jambu biji, termasuk kulitnya. Jambu biji adalah pengecualian buah rendah gula bagi buah-buahan tropis yang umumnya manis.

6. Kiwi

Buah untuk penderita diabetes yang keenam adalah kiwi. Kiwi mengandung 6,2 gram gula, 10,1 gram karbohidrat, dan 2,1 gram serat per buah. Buah ini juga memiliki rasa yang ringan tetapi menambah warna yang indah pada salad buah. Anda juga bisa memakan biji dan kulitnya.

7. Plum

Buah untuk penderita diabetes yang ketujuh adalah plum. Plum mengandung kurang dari 7 gram gula, 1 gram serat, dan 30 kalori. Saat membeli plum, pilih yang montok, dan berwarna tua. Anda bisa menyantapnya seperti apel.

8. Jeruk keprok

Buah untuk penderita diabetes yang kedelapan adalah jeruk keprok. Jeruk keprok memiliki 8 gram gula, 10,1 gram karbohidrat, dan 1,3 gram serat per buah berukuran sedang. Buah jeruk ini memiliki lebih sedikit gula daripada jeruk dan mudah dibelah untuk salad buah.

Jeruk keprok juga cocok dijadikan tambahan yang bagus untuk makan siang dan makanan ringan kemasan.

Itulah ciri-ciri diabetes awal dan daftar buah untuk penderita diabetes. Jika mengalami ciri-ciri diabetes tahap awal tersebut, segera hubungi dokter untuk mendapatkan obat yang tepat.

Artikel ini telah tayang di Kompas.com dengan judul "8 Buah Rendah Gula, Cocok untuk Penderita Diabetes", dan  "Cerita Panji Petualang Idap Diabetes, Berat Badan Turun 30 Kilogram",

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News




TERBARU
Kontan Academy
Supply Chain Management on Sales and Operations Planning (S&OP) Negosiasi & Mediasi Penagihan yang Efektif Guna Menangani Kredit / Piutang Macet

[X]
×