kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45985,97   -4,40   -0.44%
  • EMAS1.249.000 2,21%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

Makanan Penurun Gula Darah, Hindari Buah Pantangan Diabetes Berikut


Minggu, 19 Maret 2023 / 05:05 WIB
Makanan Penurun Gula Darah, Hindari Buah Pantangan Diabetes Berikut


Reporter: Adi Wikanto, Helvana Yulian | Editor: Adi Wikanto

KONTAN.CO.ID - Jakarta. Selain obat, sejumlah makanan bisa menjadi penurun gula darah. Selain rajin makan makanan penurun gula darah, penderita juga harus menghindari makanan pantangan diabetes.

Dilansir dari Momsmoney, penderita gula darah tinggi atau diabetes harus mengatur pola makan biar bisa menjaga kadar gula darah yang sehat. 

Secara umum, makanan yang paling banyak menyebabkan kadar gula darah naik adalah yang tinggi karbohidrat, yang cepat diubah menjadi energi, seperti nasi, roti, buah-buahan, dan gula.  

Makanan tinggi protein, seperti daging, telur ikan, susu dan produk susu, serta makanan berminyak juga dapat secara signifikan meningkatkan kadar gula darah.  

Dikutip dari The Health Site dan Healthline, berikut adalah beberapa makanan penurun gula darah pada tubuh, antara lain: 

Baca Juga: Cari Tahu yuk, Inilah Sederet Makanan yang Harus Dihindari Penderita Hipertensi

1. Buah naga

Makanan penurun gula darah pada tubuh pertama adalah buah naga.  Buah naga mengandung nutrisi yang sangat berharga dan memiliki banyak manfaat untuk kesehatan. 

Beberapa kandungan nutrisi buah naga adalah vitamin C, magnesium dan zat besi. Semua nilai gizinya tersebut buah naga sangat baik untuk pengidap diabetes.  

2. Mengkudu

Makanan penurun gula darah pada tubuh kedua adalah mengkudu. Mengkudu dapat menurunkan kadar glukosa darah karena mengandung flavonoid. 

Flavonoid memiliki efek hipoglikemik, sehingga baik untuk pengidap diabetes, terutama yang kadar gula darahnya sedang tinggi.  

Baca Juga: Jadikan Ini Kebiasaan Baik, 5 Cara Mudah Ini Bisa Mencegah Diabetes Sejak Dini

3. Pare

Makanan penurun gula darah pada tubuh ketiga adalah pare. 

Pare memiliki kandungan yang dapat bertindak seperti insulin dan membantu menurunkan kadar gula darah. 

Pare dapat menyebabkan lebih banyak glukosa masuk ke dalam sel, dan kemudian membantu tubuh memproses dan menyimpannya di hati, otot, dan lemak. 

4. Ikan tuna

Makanan yang bisa  menurunkan gula darah pada tubuh keempat adalah ikan tuna. 

Makanan yang mengandung protein ini membantu tubuh mempertahankan dan memperbaiki dirinya. 

Protein tidak meningkatkan indeks glikemik, sehingga tidak ada peningkatan gula darah ketika mengonsumsinya. 

Baca Juga: Lakukan Setiap Hari! Inilah 5 Manfaat Olahraga Secara Teratur untuk Tubuh

5. Jahe

Makanan yang bisa  menurunkan gula darah pada tubuh kelima adalah jahe. Jahe adalah salah satu makanan penurun gula darah yang patut dicoba. 

Sebagai bumbu makanan dan minuman sehat dan menghangatkan, jahe juga membantu menurunkan kadar gula darah dan mengatur produksi insulin.  

Jika memiliki keluhan kesehatan atau alergi dengan makanan tertenru, Anda juga bisa bertanya langsung pada dokter.

Buah pantangan diabetes

Ada berbagai macam buah pantangan atau dilarang dimakan penderita diabetes. Selain menghindari buah pantangan tersebut, penderita diabetes perlu konsumsi sejumlah makanan tertentu untuk menurunkan kadar gula darah.

Buah memang bagus untuk kesehatan karena mengandung vitamin, mineral dan zat gizi lainnya. Namun, beberapa buah adalah pantangan penderita diabetes.

Buah dilarang dimakan penderita diabetes itu karena bisa menyebabkan kenaikan gula darah. Jika terpaksa ingin makan buah tersebut, penderita diabetes harus membatasinya.

Lalu, buah apa saja yang dilarang dimakan penderita diabetes?

Baca Juga: Berapa Harga Alat Tes Gula Darah? Cek Penyebab Gula Darah Naik yang Jarang Disadari

Mengutip Kompas.com, berikut daftar buah pantangan yang dilarang dimakan penderita diabetes:

1. Buah-buahan yang tinggi gula

Daftar buah pantangan yang dilarang dimakan penderita diabetes yang pertama adalah buah-buahan tinggi gula. Dikutip dari Medical News Today, penderita diabetes harus memperhatikan indeks glikemik (GI) dalam buah-buahan sebelum memutuskan untuk mengonsumsinya.

GI dapat digunakan untuk menunjukkan seberapa banyak makanan dapat meningkatkan kadar gula darah seseorang setelah mereka memakannya. Jika suatu buah memiliki skor GI antara 70 dan 100, maka itu adalah buah yang mengandung tinggi gula.

Beberapa buah dengan skor yang memiliki skor GI tinggi di antaranya: Semangka, Kurma kering, ,Nanas, Pisang yang terlalu matang.

Buah-buahan di atas masih aman dikonsumsi oleh penderita diabetes, jika dimakan dalam jumlah sedang. Namun, jika ingin melakukan diet diabetes dengan memakan buah-buahan, maka pilihlah buah yang memiliki skor GI lebih rendah.

2. Buah-buahan yang tinggi karbohidrat

Daftar buah pantangan yang dilarang dimakan penderita diabetes yang kedua adalah buah dengan karbohidrat tinggi. Salah satu penyebab gula darah meningkat adalah karena mengonsumsi terlalu banyak karbohidrat dalam satu waktu.

Mengonsumsi terlalu banyak karbohidrat dapat membuat kadar gula darah naik ke tingkat yang sangat berbahaya. Menurut Diabetes UK, jumlah karbohidrat yang dimakan seseorang dapat memberikan dampak yang besar pada kadar gula darah dalam tubuh. Untuk itu, asupan buah-buahan yang mengandung banyak karbohidrat juga sebaiknya dihindari atau dibatasi bagi penderita diabetes.

Untuk gambarannya, satu buah apel sedang akan memiliki 15-20 gram karbohidrat. Jika sedang menjalani diet diabetes dengan makan makanan yang rendah karbohidrat, Anda bisa memakan setengahnya atau porsi yang lebih kecil.

3. Jus buah

Daftar buah pantangan yang dilarang dimakan penderita diabetes yang ketiga adalah buah yang dibuat jus. Dilansir dari Pusat Pengendalian dan Pencegahan Penyakit AS (CDC), minum jus buah dapat dengan cepat meningkatkan kadar gula darah seseorang.

Untuk itu, penderita diabetes disarankan untuk mengonsumsi buah secara utuh agar tetap memiliki kandungan serat yang dapat memperlambat penyerapan gula ke dalam darah.

Sebuah penelitian 2013 melihat bagaimana konsumsi buah dapat memengaruhi kemungkinan seseorang dalam mengembangkan diabetes tipe 2. Hasilnya menunjukkan, orang yang mengonsumsi lebih banyak buah utuh lebih kecil kemungkinannya untuk mengembangkan diabetes tipe 2.

Namun, orang yang minum jus buah dalam jumlah yang besar memiliki kemungkinan untuk mengembangkan kondisi tersebut. Pada studi 2017 juga memiliki hasil yang serupa. Para peneliti menemukan bahwa konsumsi buah segar mengurangi risiko seseorang terkena diabetes tipe 2.

Selain itu, mereka juga menemukan bahwa penderita diabetes yang makan buah segar secara teratur memiliki risiko lebih rendah terkena penyakit kardiovaskular atau kematian.

4. Buah kering

Daftar buah pantangan yang dilarang dimakan penderita diabetes yang keempat adalah buah kering. Seseorang juga bisa memasukkan buah kering ke dalam makanannya, asalkan tidak dikeringkan dengan tambahan gula.

Pada sebuah studi 2017, peneliti menemukan korelasi positif antara makan kacang dan buah kering dengan pencegahan diabetes tipe 2. Asosiasi Diabetes Amerika (ADA) mengonfirmasi bahwa buah kering bisa menjadi pilihan yang baik untuk penderita diabetes, tetapi mereka harus memperhatikan fakta bahwa ukuran porsinya bisa kecil.

5. Buah kemasan yang diolah

Daftar buah pantangan yang dilarang dimakan penderita diabetes yang kelima adalah buah kemasan yang diolah. Penderita diabetes sebaiknya tidak mengonsumsi buah-buahan yang dikemas. Hal ini dikarenakan, buah yang dikemas cenderung memiliki kandungan gula yang tinggi.

Namun, jika tetap ingin memakannya, Anda bisa memilih produk dengan label yang bertuliskan:

  • Dikemas dalam jusnya sendiri
  • Tidak diberi gula
  • Tidak ada tambahan gula

Salah satu cara mengganti buah olahan dalam menu makanan adalah dengan membekukan buah segar, seperti irisan pisang.

Itulah buah pantangan yang dilarang dimakan penderita diabetes dan makanan penurun gula darah tinggi. Segera hubungi dokter jika gula darah terus meningkat.

Itulah beberapa makanan penurun gula darah pada tubuh, yang bisa Anda konsumsi secara rutin agar bisa merasakan hasilnya. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News




TERBARU
Kontan Academy
Mastering Financial Analysis Training for First-Time Sales Supervisor/Manager 1-day Program

[X]
×