kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45987,90   -2,03   -0.21%
  • EMAS1.164.000 0,00%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

Berapa Harga Alat Tes Gula Darah? Cek Penyebab Gula Darah Naik yang Jarang Disadari


Rabu, 15 Maret 2023 / 10:29 WIB
Berapa Harga Alat Tes Gula Darah? Cek Penyebab Gula Darah Naik yang Jarang Disadari
ILUSTRASI. Berapa Harga Alat Tes Gula Darah? Cek Penyebab Gula Darah Naik yang Jarang Disadari


Reporter: Adi Wikanto | Editor: Adi Wikanto

KONTAN.CO.ID - Jakarta. Berapa harga alat tes gula darah? Selain makanan, sejumlah hal tanpa disadari juga bisa menjadi penyebab gula darah naik.

Alat tes gula darah bisa dibeli di apotik maupun secara online. Harga alat tes gula darah pun beragam, mulai dari ratusan ribu rupiah.

Selain harga murah, alat tes gula darah juga ini bisa digunakan sendiri. Namun, Anda harus konsultasi dahulu dengan ahli kesehatan untuk menggunakan alat tes gula darah tersebut.

Salah satu alat tes gula darah adalah Autocheck multi monitoring system. Mengutip website Apotek K24, Autocheck multi monitoring system adalah alat tes yang digunakan dalam membantu memonitoring kadar gula dalam darah, kolesterol, dan asam urat yang digunakan bersama dengan strip autocheck.

Alat tes gula darah Autocheck multi monitoring system mampu memberikan hasil dengan cepat untuk pemeriksaan gula darah selama 5 detik, pemeriksaan asam urat 15 detik, dan pemeriksaan kolesterol selama 26 detik.

Baca Juga: Menu Penderita Diabetes, Menurunkan Gula Darah Secara Alami

Alat tes gula darah Autocheck multi monitoring system hanya memerlukan sampel darah yang sedikit, dengan hasil yang diberikan akurat. Autocheck multi monitoring system hadir dalam tampilan layar yang besar sehingga memudahkan dalam pembacaan.

Apotek K24 menetapkan harga alat tes gula darah Autocheck Rp 361.340 per unit.

Di e-commerce Blibli.com, salah satu alat tes gula darah yang dijual untuk umum adalah Easy Touch GCHb. Easy Touch GCHb adalah alat test darah multi paramater yang dapat digunakan untuk mengecek gula/glukosa darah, kolesterol total, dan hemoglobin.

Alat tes darah ini mudah dan praktis untuk digunakan karena hanya menggunakan 1 alat untuk melakukan 3 jenis pengukuran. Alat tes darah ini menampilkan hasil pengukuran dalam waktu yang singkat, 10 detik (glukosa), 6 detik (hemoglobin) dan 15 detik (cholesterol).

Di Blibli.com, harga alat tes darah Easy Touch GCHb Rp 239.000 per unit.

Penyebab gula darah tinggi

Gula darah tinggi berpotensi menyebabkan diabetes, masalah ginjal, kerusakan saraf, masalah penglihatan, stroke, hingga penyakit jantung. Untuk itu, kita perlu mengetahui apa saja penyebab kenaikan gula darah, selain makanan manis dan tinggi karbohidrat.

Simak penjelasan berikut untuk memahami apa saja penyebab glukosa tinggi yang tak terduga. Apa penyebab gula darah tinggi?

Dari kopi hingga dehidrasi, berikut 5 penyebab kadar gula darah tinggi yang perlu Anda waspadai:

Kopi tanpa pemanis

Penyebab darah tinggi yang pertama adalah kopi tanpa pemanis. Kopi murni yang berasal dari biji yang sudah di-roasting ternyata bisa menjadi penyebab gula darah tinggi, bahkan jika kita tidak menambahkan gula atau krimer.

Dikutip dari Endocrinweb, hal ini terjadi karena kafein pada kopi memicu respons hormonal dalam tubuh manusia. Pertama, kafein memblokir reseptor adenosin sehingga mencegah rasa

kantuk. Orang yang begadang cenderung mengalami peningkatan gula darah karena resistensi insulin. Resistensi insulin ini memicu rasa lapar yang mendorong Anda meningkatkan porsi makan dan akhirnya menyebabkan kenaikan kadar gula darah. Kondisi akan semakin parah jika Anda tergoda untuk mengonsumsi camilan manis, rendah gizi, atau merokok.

Kemudian, kafein meningkatkan efek stimulan alami yaitu serotonin, dopamin, dan asetilokin yang diproduksi oleh otak. Kondisi ini meningkatkan pelepasan adrenalin. Adrenalin tersebut dapat memberi sinyal pada hati untuk melepaskan glukosa yang disimpan, sekaligus meningkatkan jumlah gula yang masuk ke dalam darah.

Kurang tidur

Penyebab darah tinggi yang kedua adalah kurang tidur. Kurang tidur menyebabkan tubuh melepas lebih banyak hormon kortisol atau mengalami sindrom Cushing. Hormon kortisol mengakibatkan seseorang mengalami stres berlebih dan akhirnya menyebabkan kenaikan kadar gula darah.

Rasa sakit

Penyebab darah tinggi yang ketiga adalah rasa sakit. Seseorang yang mengalami kesakitan akibat mengidap penyakit kronis, trauma karena kecelakaan, berisiko mengalami stres, gangguan cemas, dan masalah psikis lainnya.

Dilanisr dari CDC pada Selasa (14/3/2023), masalah kejiwaan inilah yang menyebabkan tubuh kurang sensitif terhadap insulin dan akhirnya membuat gula darah naik.

Dekongestan

Penyebab darah tinggi yang keempat adalah dekongestan. Dekongestan adalah kelompok obat-obatan yang digunakan untuk mengatasi hidung tersumbat akibat flu, batuk pilek, sinus, alergi, hingga bronkitis.

Dekongestan dapat dibeli tanpa resep di apotek atau swalayan. Selain itu, ada juga beberapa obat yang memerlukan resep dokter.

Contoh dekongestan antara lain nasal spray atau semprotan nasal, obat tetes tidur, pil, hingga cairan hidung. Sebelum menggunakan dekongestan, kita disarankan untuk membaca petunjuk atau berkonsultasi dengan dokter. Hal itu karena dekongestan memiliki efek samping yaitu meningkatkan kadar glukosa darah dan berisiko menyebabkan tensi naik.

Dehidrasi

Penyebab darah tinggi yang kelima adalah dehidrasi. Kekurangan cairan dapat menyebabkan hiperglikemia atau gula darah tinggi. Karena itu, penderita diabetes sering disarankan untuk memperbanyak minum air putih atau cairan tanpa kalori lainnya demi menurunkan atau menjaga A1C.

Apabila Anda tidak bisa mengonsumsi air putih dalam jumlah banyak, cobalah untuk menambahkan irisan buah seperti jeruk atau stroberi untuk memberi sensasi segar dan nikmat.

Setelah mengetahui macam-macam penyebab gula darah tinggi, kita sebaiknya lebih waspada lagi terhadap kondisi tubuh. Apa gejala gula darah tinggi?

Kenaikan gula darah tinggi dapat ditandai dengan beberapa perubahan kondisi tubuh, antara lain:

  • Lelah berkepanjangan
  • Merasa sangat haus dan mudah lapar
  • Penglihatan kabur
  • Peningkatan volume urine atau sering buang air kecil.

Apabila Anda merasakan ciri-ciri glukosa tinggi seperti yang disebutkan di atas, segeralah berkonsultasi dengan dokter. Dapur Dokter atau tenaga medis biasanya menganjurkan pasien yang mengalami gejala gula darah tinggi untuk melakukan cek laboratorium.

Perlu diketahui, seseorang dinyatakan memiliki gula darah normal apabila hasil tes darah menunjukkan nilai 80-130 mg/dL (sebelum makan) dan kurang dari 180 mg/dL (sesudah makan). Sementara itu, orang yang memiliki kadar glukosa di atas 180 mg/dL setelah makan perlu mewaspadai kondisinya. Pasalnya, itu termasuk gula darah tinggi yang bisa memicu diabetes.

Sebagian artikel ini telah tayang di Kompas.com dengan judul "5 penyebab Gula Darah Tinggi yang Tak Terduga, Termasuk Kopi",

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News




TERBARU

[X]
×