Tips Sehat

Obat sariawan bisa dari bahan herbal ini, bahan-bahannya banyak di rumah

Kamis, 09 Juli 2020 | 13:31 WIB Sumber: Kompas.com
Obat sariawan bisa dari bahan herbal ini, bahan-bahannya banyak di rumah

ILUSTRASI. Mencampur sedikit garam dengan air bisa untuk obat sariawan. KONTAN/Fransiskus Simbolno/16/09/2011.

KONTAN.CO.ID - Jakarta. Obat sariawan yang terkenal ampuh, sudah dilarang beredar karena mengandung zat berbahaya. Sebagai ganti obat sariawan, Anda bisa memanfaatkan bahan-bahan herbal.

Sariawan adalah lesi yang dapat terjadi pada membrane mukosa atau selaput lendir di mulut. Kondisi ini umum terjadi pada banyak orang karena berbagai sebab. Meski biasanya akan hilang dengan sendirinya, sariawan kerap kali mengganggu, terutama saat harus mengunyah makan.

Baca juga: Bagaimana memilih obat asam lambung yang aman bagi ibu hamil? Ini panduannya 

Ada banyak obat sariawan yang dijual di apotik. Namun, selain obat-obatan kimia, Anda bisa membuat sendiri obat sariawan secara alami dengan berbagai bahan yang tersedia di rumah.

1. Berkumur dengan air garam

Melansir Health Line, garam memiliki sifat antiseptik, pembersihan, dan meredakan nyeri. Sifat ini membuat air garam bisa menjadi obat rumahan umum untuk banyak masalah mulut. Berkumur dengan air garam dapat membantu meringankan gejala sariawan.

Untuk menjadi obat sariawan, Anda hanya perlu melarutkan ½ sendok teh garam ke dalam 1 gelas air hangat, kemudian digunakan untuk berkumur kurang lebih 15-30 detik, dan keluarkan. Anda bisa menjajal cara mengobati sariawan dengan bahan alami ini beberapa kali, sesuai kebutuhan.

2. Berkumur dengan air yang dicampur soda kue

Berkumur dengan campuran air dan soda kue atau baking soda (sodium bicarbonate) juga dapat membantu mengobati sariawan di mulut. Bahan alami ini bermanfaat untuk menghilangkan sariawan karena dapat mengurangi peradangan dan mengembalikan kesimbangan pH.

Sama seperti menggunakan air garam, untuk menjadikan sebagai obat sariawan, Anda hanya perlu melarutkan ½ sendok teh soda kue ke dalam 1 gelas air hangat, kemudian digunakan untuk berkumur kurang lebih 15-30 detik, dan keluarkan. Anda bisa mengulangi cara mengobati sariawan secara alami beberapa kali per jam, sesuai dengan yang diperlukan.

3. Konsumsi yogurt

Yoghurt mengandung probiotik yang dapat membantu mengobati dan mencegah sariawan. Manfaat yogurt lainnya, dapat membantu mengembalikan keseimbangan bakteri baik dan jahat di mulut.

Untuk menjadi obat sariawan, Anda tidak perlu mencampur yogurt dengan bahan-bahan lai. Segera saja minum yogurt saat sariawan. Yogurt juga merupakan makanan yang enak untuk dimakan jika Anda sedang kesulitan karena menderita sariawan.

Baca juga: Berikut obat herbal yang ampuh menurunkan kadar asam urat tinggi 

Anda bisa makan yogurt beberapa kali sehari, terutama pada tanda pertama sariawan muncul. Lebih baik, pilih jenis yogurt tanpa pemanis agar lebih sehat. Jika tidak suka yogurt, Anda bisa mendapatkan manfaat yang sama dengan mengonsumsi suplemen probiotik sebagai obat sariawan alami.

Editor: Adi Wikanto


Terbaru