CLOSE [X]

Nyeri Asam Lambung Tinggi Bisa Reda dan Usus Jadi Prima, Minum 7 Teh Herbal Ini

Rabu, 03 Agustus 2022 | 07:56 WIB   Reporter: Barratut Taqiyyah Rafie
Nyeri Asam Lambung Tinggi Bisa Reda dan Usus Jadi Prima, Minum 7 Teh Herbal Ini

ILUSTRASI. Teh herbal dapat membantu mengurangi asam lambung dan membuat usus Anda menjadi prima. Salah satunya teh chamomile.


KONTAN.CO.ID - Penyakit asam lambung terdengar seperti masalah biasa. Akan tetapi, penyakit ini menyebabkan kesengsaraan bagi penderitanya. 

Kondisi ini disebabkan oleh asam lambung yang mengalir ke kerongkongan. Anda mungkin mengalami mulas, sakit tenggorokan, terbakar, bersendawa, atau bahkan regurgitasi dan membawa makanan Anda kembali sebagai gejala refluks asam. 

Meskipun Anda dapat mengonsumsi antasida sepanjang hari untuk membantu mengatasi masalah tersebut, ada juga solusi alami yang dapat membantu mendinginkan dan mengatasi perut yang panas dan bocor. 

Teh herbal dapat membantu mengurangi asam lambung dan membuat usus Anda menjadi prima.  

Pengertian Teh Herbal

Melansir myteadrop.com, terbuat dari tumbuh-tumbuhan, rempah-rempah, atau bahan tanaman direbus dengan air panas, teh herbal bebas kafein dan seringkali penuh dengan khasiat kesehatan. Jenis teh ini tidak berasal dari tanaman camellia sinensis dan karena itu tidak dianggap sebagai salah satu dari lima teh sejati.

Dari peppermint hingga chamomile dan berbagai macam bunga dan rempah-rempah, teh herbal telah ada selama berabad-abad dan merupakan salah satu obat tertua di dunia. Bahkan hari ini, orang minum teh herbal setiap hari untuk memerangi semua jenis penyakit umum atau hanya untuk menikmati minuman yang menenangkan.

Lantas, apa saja teh terbaik untuk asam lambung? 

Baca Juga: Cara Terbaik Konsumsi Sereh agar Efektif Meredakan Asam Lambung Tinggi

7 Teh Terbaik untuk Asam Lambung

1. Teh jahe

Mengutip myteadrop.com, akar yang cerah dan pedas ini adalah favorit kuliner untuk menghangatkan tubuh. Namun akar jahe juga membuat teh yang lezat dan menyembuhkan penyakit. 

Teh jahe memiliki kekuatan pencernaan yang kuat dan dapat membantu dalam segala hal mulai dari mengurangi kembung hingga menghilangkan mual dan mengurangi pembengkakan pada sistem pencernaan. 

Ini terutama karena sifat anti-inflamasinya dan manfaat tambahan gingerol dan shogaol yang ditambahkan ke dalam campuran.

Baca Juga: Jarang Diketahui, Ini 4 Manfaat Kulit Pisang untuk Kesehatan

2. Teh Chamomile

Melansir healthline.com, teh chamomile yang berbau harum adalah anggota dari keluarga Asteraceae. Keluarga tanaman ini juga termasuk aster, bunga matahari, dan krisan. Bunga chamomile digunakan untuk membuat teh dan ekstrak.

Teh chamomile dikenal untuk mengurangi kecemasan dan membantu orang tertidur. Ini juga digunakan untuk menenangkan sakit perut dan masalah pencernaan lainnya. 

Chamomile telah lama dikenal sebagai anti-inflamasi. Minum secangkir teh chamomile mungkin menawarkan manfaat yang sama seperti mengonsumsi NSAID yang dijual bebas, seperti aspirin.

Ramuan ini juga dapat meredakan gejala kecemasan dan depresi. Sebuah studi 2009 menemukan bahwa orang yang mengonsumsi ekstrak chamomile dosis harian mengalami pengurangan gejala kecemasan hingga 50 persen. Sebuah penelitian yang diterbitkan pada tahun 2012 menemukan bahwa suplemen chamomile setiap hari meredakan gejala depresi.

Chamomile juga dapat membantu mengobati masalah pencernaan, seperti sindrom iritasi usus besar, diare, dan kolik.

Chamomile juga memiliki sifat antikanker. Apigenin adalah salah satu komponen aktif utama ramuan itu. Telah ditemukan untuk menghambat pertumbuhan sel kanker dan mengurangi suplai darah ke tumor kanker.

Baca Juga: Madu Efektif Meredakan Asam Lambung, Benarkah?

3. Teh Adas

Melansir myteadrop.com, teh adas yang luar biasa adalah suguhan yang baik bagi mereka yang menderita asam lambung. Teh kaya serat ini adalah perawatan untuk sistem pencernaan karena dapat membantu mengatasi kelebihan gas yang dapat membantu meringankan ketidaknyamanan yang disebabkan oleh refluks asam. 

Teh ini juga memelihara sistem pencernaan Anda yang membuat Anda menjadi kandidat yang lebih kecil kemungkinannya untuk menderita asam lambung. Adas juga memiliki segudang sifat anti-inflamasi yang dapat mengurangi iritasi dan pembengkakan pada saluran pencernaan.

4. Teh Licorice

Akar alami yang sedikit manis telah lama dikaitkan dengan penyembuhan gangguan perut. Akar licorice tidak hanya membantu mengurangi rasa sakit dan peradangan, membantu mengurangi risiko bisul, tetapi juga membantu meningkatkan lendir di perut Anda yang dapat melindungi lapisan perut dan melindunginya dari asam. 

Tambahkan fakta bahwa licorice juga memiliki sifat penenang untuk membantu Anda tetap rileks dan akar kecil yang sejuk ini menjadi senjata rahasia yang luar biasa dalam memerangi asam. 

Akar licorice juga mengandung asam glycyrrhizic yang dapat membantu memperbaiki lapisan perut dan membawa keseimbangan ke seluruh sistem pencernaan Anda.

5. Teh Akar Marshmallow

Mendapatkan namanya dari konsistensinya yang lengket saat dicampur dengan air, teh akar marshmallow dapat melapisi lapisan perut Anda, dengan memberikan lapisan yang lembut dan menenangkan untuk meredam naiknya asam. 

Teh akar marshmallow yang lembut tidak hanya dapat melapisi perut, tenggorokan, dan kerongkongan Anda dengan balsem yang menenangkan, tetapi juga dapat mengurangi peradangan dan memberikan istirahat dan kelonggaran pada otot-otot yang terkepal erat. 

Untuk mendapatkan hasil terbaik dari minuman ini, rebus akar dalam air selama beberapa jam untuk mendapatkan tekstur lengket yang sedang kita bicarakan.

Baca Juga: Redakan Nyeri Asam Lambung dengan Minuman Ini, Efektif!

6. Teh kunyit

Teh kunyit adalah minuman yang berkhasiat super. Bumbu kuning cerah ini adalah favorit kuat di dapur kuliner tetapi juga dilengkapi dengan banyak khasiat penyembuhan. 

Saat bahan aktif kurkumin mulai bekerja pada tubuh, kunyit sarat dengan sifat antivirus dan antijamur. Kunyit juga dapat membantu mengatasi asam lambung. Karena penelitian telah menunjukkan bahwa GERD dapat dipicu oleh stres oksidatif, potensi antioksidan kunyit dapat mengurangi risiko. 

Kunyit tidak hanya akan membantu menjaga tubuh tetap bugar, tetapi juga dapat melindungi lambung dari kerusakan usus dan bisul juga.

7. Teh Peppermint

Teh peppermint adalah pedang bermata dua dalam hal asam lambung. Terlalu banyak dapat memperburuk kondisi, tetapi peppermint juga dapat membantu mengatasi masalah pencernaan.

Teh yang menyegarkan dan ringan ini adalah penenang yang pasti dan dapat mengurangi peradangan pada sistem pencernaan, membantu meringankan rasa sakit yang terkait dengan sakit tenggorokan (efek samping dari refluks asam) dan penuh dengan antioksidan untuk mempromosikan penyembuhan jangka panjang.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Editor: Barratut Taqiyyah Rafie

Terbaru