kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45920,31   -15,20   -1.62%
  • EMAS1.347.000 0,15%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

Jarang Diketahui, Ini 4 Manfaat Kulit Pisang untuk Kesehatan


Selasa, 12 Juli 2022 / 18:30 WIB
Jarang Diketahui, Ini 4 Manfaat Kulit Pisang untuk Kesehatan


Reporter: Belladina Biananda | Editor: Tri Sulistiowati

KONTAN.CO.ID - JAKARTA. Tak hanya buahnya, kulit pisang juga memiliki banyak manfaat. Tentu saja manfaat kulit pisang bisa Anda dapat dengan menggunakannya secara rutin. Jangan khawatir, Anda bisa memakainay dengan mudah.

Mengutip dari Bright Side (brightside.me), kulit pisang bisa digunakan sebagai obat migrain atau jenis sakit kepala yang lain.

Baca Juga: Madu Efektif Meredakan Asam Lambung, Benarkah?

Kemampuan itu berasal dari kandungan kalium dalam kulit pisang yang cukup tinggi. Cara yang perlu Anda lakukan tidak sulit.

Pertama, dinginkan kulit pisang di kulkas. Setelah itu, letakkan satu kulit pisang di atas kening dan satu kulit pisang di belakang leher lalu diamkan sampai tak dingin lagi.

Selain digunakan sebagai obat sakit kepala, masih banyak manfaat lain yang dimiliki oleh kulit pisang.

Manfaat kulit pisang

Berikut manfaat kulit pisang untuk kesehatan: 

Obat gatal

Kulit pisang bisa Anda gunakan sebagai obat kulit gatal, lo. Apalagi jika kulit terasa gatil akibat gigitan serangga, seperti nyamuk. Manfaat kulit pisang itu disebabkan oleh kandungan dalam pisang. Mulai dari magnesium, vitamin E, vitamin C, dan lain sebagainya.

Caranya, tempelkan kulit pisang pada area kulit yang gatal selama 10 hingga 15 menit. Ulangi cara tersebut selama beberapa kali dalam sehari. Tujuannya supaya kulit gatal bisa hilang dengan lebih cepat.

Memutihkan Gigi

Apakah Anda sedang mencari cara memutihkan gigi? Jika iya, cobalah untuk memanfaatkan kulit pisang. Kulit pisang mengandung kalium yang tinggi sehingga bisa menghilangkan noda kuning akibat makanan atau minuman tertentu. Misalnya, setelah Anda mengonsumsi kopi atau teh.

Anda perlu menyikat gigi hingga bersih terlebih dahulu. Selanjutnya, gosokkan kulit pisang bagian dalam pada gigi selama sekitar dua menit lalu berkumurlah dengan air. Untuk mendapat hasil yang maksimal, usahakan untuk melakukan cara tersebut setiap hari.

Mengobati Jerawat

Jerawat merupakan salah satu masalah kulit yang sering dialami oleh banyak orang. Jika Anda mengalami masalah tersebut, cobalah untuk mengatasinya dengan kulit pisang. Vitamin E, zinc, vitamin C, kalium, dan nutrisi lain yang terkandung dalam kulit pisang efektif mengatasi masalah kulit tersebut.

Tak hanya itu, kulit pisang juga dipenuhi dengan antiinflamasi yang mampu mengobati jerawat dengan lebih cepat. Caranya, gosokkan kulit pisang pada kulit selama lima hingga 10 menit. Setelah itu, bilas kulit dengan air. Cobalah untuk melakukan hal itu sebanyak dua kali dalam sehari.

Menyamarkan Bekas Luka

Bekas luka terkadang menurunkan kepercayaan diri seseorang. Apalagi jika kemunculannya di bagian kulit yang mudah terlihat oleh orang lain. Untuk mengatasi hal itu, Anda perlu menempelkan kulit pisang pada bekas luka selama minimal satu jam. Ulangi cara tersebut setiap hari supaya bekas luka lebih cepat hilang.

Baca Juga: Ketumbar Efektif Membantu Menurunkan Berat Badan, Ini Cara Tepat Konsumsinya

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News




TERBARU

[X]
×