kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45920,31   -15,20   -1.62%
  • EMAS1.347.000 0,15%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

Mudah! Ini cara membersihkan usus yang kotor dengan bahan alami


Kamis, 23 September 2021 / 15:20 WIB
Mudah! Ini cara membersihkan usus yang kotor dengan bahan alami


Penulis: Belladina Biananda

KONTAN.CO.ID - JAKARTA. Kebersihan usus perlu Anda jaga supaya zat beracun bisa dikeluarkan tubuh secara maksimal. Salah satu cara membersihkan usus kotor yang bisa Anda lakukan adalah dengan mengonsumsi beberapa jenis makanan dan minuman.

Pertama, Anda perlu minum banyak air putih untuk menghindari tubuh dehidrasi. Umumnya, Anda membutuhkan delapan gelas air putih per hari. Namun, jumlah itu bisa bertambah sesuai dengan aktivitas yang sedang Anda lakukan.

Kedua, hindari mengonsumsi daging merah terlalu banyak. Melansir Healthline (healthline.com), mengonsumsi daging merah terlalu sering dan dalam jumlah besar dapat meningkatkan risiko pertumbuhan sel kanker. Daripada mengonsumsi jenis makanan itu, cobalah beberapa bahan ini.

Susu

Cara membersihkan usus kotor yang bisa Anda lakukan adalah rutin minum susu. Tak hanya minum susu secara langsung, Anda bisa mengolah susu menjadi berbagai macam hidangan. Namun, pastikan untuk mengolahnya dengan cara yang sehat supaya nutrisi yang terkandung di dalamnya tak hilang.

Baca Juga: 5 Minuman pembersih paru-paru yang mudah dibuat di rumah

Oatmeal

Kebersihan usus juga bisa Anda jaga dengan rutin mengonsumsi oatmeal. Jenis makanan ini mengandung banyak serat yang mampu memperlancar sistem pencernaan. Dengan begitu, risiko sembelit dan masalah lain pada sistem pencernaan dapat Anda hindari.

Healthline merekomendasikan Anda untuk memiliki oatmeal dengan tipe whole-grain. Campurkan oatmeal dengan makanan yang kaya serat, kalsium, dan vitamin D supaya kesehatan usus benar-benar terjaga.

Sayuran Hijau

Salah satu cara membersihkan usus kotor adalah dengan rutin makan brokoli.

Makan sayuran hijau termasuk cara membersihkan usus kotor berikutnya yang dapat Anda lakukan. Beberapa jenis sayuran hijau yang bisa Anda coba adalah kale, bayam, brokoli, dan lain sebagainya. olah jenis sayuran itu menjadi menu sehat dan lezat yang Anda konsumsi sehari-hari.

Baca Juga: Pakai bahan alami, cek 7 cara membersihkan paru-paru ini

Raspberry

Usus kotor juga bisa Anda bersihkan dengan mengonsumsi raspberry secara teratur, lo. Anda bisa makan jenis buah itu secara langsung atau mencampurnya dengan jenis makanan lain yang penuh gizi. Misalnya, Anda mengolahnya jadi salad atau smoothies.

Produk Olahan Susu

Produk olahan susu mengandung banyak kalsium dan vitamin D yang bisa meredakan inflamasi atau peradangan di usus. Dengan begitu, risiko kanker usus atau masalah kesehatan lainnya bisa Anda hindari.

Selanjutnya: Mudah dilakukan, ini 6 cara membersihkan pembuluh darah

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News




TERBARU

[X]
×