Mudah dilakukan, ini 6 cara membersihkan pembuluh darah

Rabu, 01 September 2021 | 12:21 WIB   Penulis: Belladina Biananda
Mudah dilakukan, ini 6 cara membersihkan pembuluh darah

ILUSTRASI. Mengonsumsi bluberi termasuk salah satu cara membersihkan pembuluh darah.


KONTAN.CO.ID - Pembuluh darah menjalankan banyak fungsi dalam tubuh. Mulai dari mendistribusikan oksigen, vitamin, hingga mineral. Untuk itu, cara membersihkan pembuluh darah perlu Anda lakukan supaya fungsinya tak terganggu.

Jika dibiarkan, kotoran bisa memicu penyempitan pembuluh darah. Akibatnya, aliran darah menjadi tersendat lalu tekanan darah meningkat sehingga risiko berbagai macam penyakit pun bertambah.

Sebenarnya, kebersihan pembuluh darah dijaga oleh liver dan ginjal. Namun, ada beberapa hal yang bisa Anda lakukan supaya dua organ itu bisa bekerja secara maksimal. Alih-alih mengonsumsi suplemen detoks, cobalah untuk memanfaatkan bahan alami.

Selain rutin mengonsumsi beberapa jenis bahan alami di bawah ini, penting pula bagi Anda untuk rutin memeriksakan diri ke dokter. Apalagi, jika tubuh Anda sering terpapar polusi yang bisa mengganggu kondisi pembuluh darah.

Baca Juga: 5 Cara membersihkan paru-paru ini pakai bahan alami

Bluberi

Bluberi termasuk salah satu obat pembersih pembuluh darah yang bisa Anda jadikan pilihan.

Mengutip dari Healthline, jenis buah itu mengandung banyak antioksidan yang efektif menjaga kesehatan liver. Dengan begitu, kondisi pembuluh darah pun dapat terjaga.

Bawang putih

Supaya cara membersihkan pembuluh darah bisa berjalan maksimal, tak ada salahnya untuk memanfaatkan bawang putih. Antiinflamasi yang terkandung dalam bahan alami itu mampu mengurangi jumlah kolesterol dan menurunkan tekanan darah tinggi.

Air putih

Tahukah Anda bahwa air putih berguna untuk menjaga kondisi pembuluh darah? Mencukupi kebutuhan tubuh akan air putih mampu memaksimalkan kinerja ginjal. Dengan begitu, jumlah kotoran yang dikeluarkan dari tubuh pun dapat optimal.

Tidak hanya itu, minum air putih mampu membukan pembuluh darah sehingga alirannya menjadi lebih lancar. Salah satu tanda bahwa kebutuhan cairan Anda tercukupi adalah urin yang keluar berwarna terang.

Kopi

Selain minum air putih, Healthline merekomendasikan Anda untuk rutin mengonsumsi kopi. Hasil penelitian menunjukkan, kopi mampu menurunkan risiko sirosis hati. Artinya, fungsi liver bisa tetap terjaga.

Baca Juga: Ini 7 cara menjaga kesehatan ginjal

Jahe

Jika Anda mencari cara membersihkan pembuluh darah, cobalah untuk mengonsumsi jahe secara teratur.

Anda bisa mencampur jenis rempah itu pada berbagai macam hidangan yang Anda konsumsi. Rutin minum air rebusan jahe juga bisa Anda coba.

Teh hijau

Minum teh hijau bisa jadi cara membersihkan pembuluh darah.

Bahan alami lainnya yang cocok dijadikan cara melancarkan pembuluh darah yang tersumbat adalah teh hijau. Bukan tanpa alasan, kandungan dalam teh hijau dapat mengurangi penumpukan lemak di hati.

Cobalah untuk minum empat gelas teh hijau per hari untuk memaksimalkan efeknya.

Selanjutnya: 5 Bahan alami ini bisa Anda pakai sebagai cara membersihkan usus kotor

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Editor: Belladina Biananda

Terbaru