kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45920,31   -15,20   -1.62%
  • EMAS1.345.000 0,75%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

5 Cara membersihkan paru-paru ini pakai bahan alami


Selasa, 06 Juli 2021 / 11:07 WIB
5 Cara membersihkan paru-paru ini pakai bahan alami
ILUSTRASI. Mengonsumsi kayu manis bisa jadi salah satu cara membersihkan paru-paru, lo.


Penulis: Belladina Biananda

KONTAN.CO.ID - JAKARTA. Paru-paru adalah salah satu organ dalam tubuh yang memegang peranan penting. Maka dari itu, Anda perlu menjaga kebersihan organ pernapasan itu. Cara membersihkan paru-paru bisa Anda lakukan dengan bahan-bahan alami, lo.

Sebenarnya, paru-paru bisa membersihkan kotoran sendiri. Namun, bukan berarti Anda tidak melakukan apa-apa untuk menjaga kondisinya. Apalagi jika Anda sering terpapar asap rokok atau jenis polusi yang lain.

Jika terus dibiarkan, polusi bisa membuat paru-paru iritasi dan inflamasi sehingga penyakit sistem pernapasan pun Anda alami. Untuk menghindari hal tersebut, cobalah untuk rutin mengonsumsi bahan-bahan berikut. Namun, pastikan untuk konsultasi dulu dengan dokter, ya.

Smoothie

Kebersihan paru-paru bisa terjaga dengan rutin mengonsumsi smoothie, lo. Cobalah membuat smoothie dari buah bit, apel, dan wortel. Bahan-bahan alami itu mengandung banyak nutrisi yang dibutuhkan tubuh untuk tetap sehat. Mulai dari vitamin C, vitamin E, serat, kalium, dan antioksidan.

Baca Juga: 4 Obat herbal sesak nafas yang mudah untuk didapatkan

Kayu Manis

Tahukah Anda bahwa mengonsumsi kayu manis bisa jadi salah satu cara membersihkan paru-paru? Mengutip dari Timesnownews.com, kayu manis mengandung antioksidan dan antiinflamasi yang efektif meredakan peradangan di paru-paru.

Tidak berhenti sampai di situ, kayu manis juga mampu mengontrol jumlah gula darah dan tekanan darah dalam tubuh. Cobalah untuk mengonsumsi air rebusan kayu manis atau mencampur jenis rempah itu dengan teh herbal yang biasa Anda konsumsi.

Madu

Jika Anda mencari cara membersihkan paru-paru, maka madu bisa Anda jadikan salah satu pilihan. Kandungan dalam madu efektif membersihkan zat racun dan polusi yang mengganggu paru-paru serta saluran pernapasan yang lain.

Sama seperti bahan alami yang telah disebutkan sebelumnya, madu memiliki antiinflamasi. Artinya, peradangan dalam saluran pernapasan dapat teratasi dengan baik. Sakit tenggorokan juga bisa sembuh dengan mengonsumsi madu.

Baca Juga: 5 Cara meningkatkan kadar oksigen dalam darah secara alami

Kunyit

Salah satu cara membersihkan paru-paru adalah dengan mengonsumsi kunyit.

Timesnownews.com menyebutkan bahwa kunyit mengandung antioksidan, antiinflamasi, dan antikanker. Dengan mengonsumsi kunyit secara rutin, kesehatan paru-paru dan kesehatan tubuh secara menyeluruh dapat terjaga. Untuk memaksimalkan manfaatnya, Anda bisa mencampur kunyit dengan jenis rempah lain, misalnya jahe.

Teh Hijau

Cara membersihkan paru-paru lainnya yang bisa Anda coba adalah dengan mengonsumsi teh hijau. Jenis teh ini mengandung banyak antioksidan yang bisa mengurangi peradangan pada paru-paru. Cobalah untuk minum dua hingga tiga gelas teh hijau per hari.

Selanjutnya: 5 Cara membersihkan pembuluh darah yang mudah dicoba

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News




TERBARU

[X]
×