kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45982,64   -7,73   -0.78%
  • EMAS1.222.000 0,41%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

Pakai bahan alami, cek 7 cara membersihkan paru-paru ini


Selasa, 07 September 2021 / 10:40 WIB
Pakai bahan alami, cek 7 cara membersihkan paru-paru ini
ILUSTRASI. Makan buah apel termasuk salah satu cara membersihkan paru-paru. Kontan/Alri kemas


Penulis: Belladina Biananda

KONTAN.CO.ID - JAKARTA. Menjaga kebersihan paru-paru penting untuk Anda lakukan supaya kesehatan tubuh secara menyeluruh terjaga. Anda tidak perlu khawatir karena berbagai macam cara membersihkan paru-paru bisa Anda praktikkan.

Kebersihan paru-paru bisa terganggu karena berbagai macam hal. Mulai dari asap rokok, paparan jenis polusi yang lain, hingga makanan dan minuman yang Anda konsumsi sehari-hari. Faktor-faktor tersebut dapat memicu inflamasi di organ pernapasan.

Apalagi jika Anda memiliki kondisi kesehatan tertentu yang berhubungan dengan saluran pernapasan, misalnya asma. Akibatnya, sistem pernapasan Anda menjadi terganggu yang berdampak pula pada kesehatan Anda.

Beberapa jenis bahan alami di bawah ini bisa Anda jadikan pilihan sebagai cara menyehatkan paru-paru. Meski bisa Anda konsumsi di rumah, bukan berarti Anda dapat mengabaikan saran dokter, ya. Tetap konsultasikan kesehatan Anda supaya kondisi tubuh tetap terpantau.

Baca Juga: Bisa jadi pilihan, coba 5 obat herbal sesak nafas ini

Apel

Membersihkan paru-paru secara alami bisa Anda lakukan dengan rutin mengonsumsi apel. Melansir Healthline (healhtline.com), mengonsumsi lebih dari lima buah apel per minggu dapat meningkatkan fungsi paru-paru dan menurunkan risiko penyakit paru obstruktif kronik.

Kunyit

Cara membersihkan paru-paru selanjutnya yang bisa Anda coba adalah dengan memanfaatkan kunyit. Antioksidan, antiinflamasi, serta nutrisi lain yang terdapat dalam jenis rempah itu efektif menjaga fungsi organ pernapasan.

Teh Hijau

Bukan lagi jadi rahasia jika teh hijau termasuk salah satu minuman pembersih paru-paru. Sama seperti kunyit, teh hijau mengandung antiinflamasi dan antioksidan yang bisa mencegah kerusakan jaringan pada paru-paru dan bagian tubuh yang lain.

Minyak Zaitun

Cara membersihkan paru-paru kotor berikutnya yang direkomendasikan Healthline adalah mengonsumsi minyak zaitun. Khususnya bagi Anda yang menderita penyakit asma. Selain kaya akan antiinflamasi dan antioksidan, minyak zaitun juga dipenuhi dengan vitamin E yang baik untuk kesehatan.

Yogurt

Anda perlu berbahagia jika gemar mengonsumsi yogurt karena produk olahan susu itu termasuk salah satu obat alami membersihkan paru-paru. Yogurt dipenuhi dengan kalsium, kalium, fosfor, dan mineral serta vitamin lain yang dapat menjaga fungsi paru-paru.

Baca Juga: 4 Cara mengatasi sesak nafas, bisa pakai bahan alami, lo

Kopi

Cara membersihkan paru-paru bisa Anda coba dengan rutin minum kopi.

Mengonsumsi kopi secara teratur juga bisa dijadikan cara membersihkan paru-paru, lo. Kafein dan antioksidan yang terkandung dalam kopi baik untuk kesehatan paru-paru. Kafein mampu memperlebar pembuluh darah sehingga gejala asma bisa berkurang.

Labu

Supaya kesehatan paru-paru tetap terjaga, tak ada salahnya untuk rutin mengonsumsi labu. Sama seperti bahan alami yang lain, labu memiliki banyak antiinflamasi serta antioksidan. Dengan mengonsumsinya secara teratur, kesehatan paru-paru bisa Anda jaga.

Selanjutnya: 6 Cara membersihkan pembuluh darah, mudah Anda lakukan

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News




TERBARU
Kontan Academy
Mastering Financial Analysis Training for First-Time Sales Supervisor/Manager 1-day Program

[X]
×