kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45916,37   -3,13   -0.34%
  • EMAS1.350.000 0,00%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

Mitos Asam Urat Yang Tidak Perlu Dipercayai Lagi, Cek Obat Herbal Asam Urat


Selasa, 29 Agustus 2023 / 05:00 WIB
Mitos Asam Urat Yang Tidak Perlu Dipercayai Lagi, Cek Obat Herbal Asam Urat


Sumber: KONTAN.co.id,Kompas.com | Editor: Adi Wikanto

Obat Herbal Asam Urat - Awas, jangan mudah percaya dengan mitos-mitos asam urat. Selain minum obat dokter, penderita asam urat juga bisa minum obat herbal untuk mengatasi asam urat.

Ada banyak mitos asam urat yang berkembang di masyarakat. Mitos tersebut menyebabkan sebagian orang meremehkan penyakit tersebut.

Selain itu, mitos asam urat juga bisa mengakibatkan kesalahan dalam pengobatan asam urat. Akibatnya, asam urat tak kunjung sembuh.

Mitos asam urat

Diberitakan Kompas.com, Creakyjoints menyebutkan beberapa mitos tentang asam urat yang perlu Anda ketahui. Berikut beberapa mitos asam urat yang sebaiknya tidak Anda percayai lagi kebenarannya:

Hanya pria yang berisiko terkena asam urat

Asam urat memamg identik dengan penyakit pria, terutama yang sudah berada di usia lanjut (lansia). Hal ini lantas menimbulkan mitos bahwa hanya pria yang berisiko terkena serangan gout.

Baca Juga: 12 Makanan Tinggi Purin yang Wajib Dihindari Penderita Kolesterol dan Asam Urat

Faktanya, wanita juga rentan mengalami serangan gout setelah menopause. Hal itu karena setelah henti haid kadar asam urat Orang dengan berat badan normal dan kurun tidak berisiko terkena asam urat

Kelebihan berat badan atau obesitas memang merupakan salah satu faktor risiko asam urat. Meski demikian, berat badan bukanlah satu-satunya pencetus asam urat. Orang dengan berat badan normal atau mungkin cenderung kurus juga berisiko mengalami penyakit ini jika terlalu sering mengonsumsi makanan berpurin, seperti jeroan dan seafood.

Asam urat hanya menyerang jempol kaki

Serangan asam urat umumnya terjadi pada pangkal jempol kaki. Namun, gout bisa menyerang area persendian mana pun, termasuk lutut, betis, siku, hingga pergelangan tangan.

Serangan gout bukan penyakit berbahaya

Serangan asam urat bisa sangat menyakitkan, bahkan mengakibatkan seseorang sulit menggerakkan persendiannya. Meski begitu, beberapa penderita asam urat mungkin berpikir bahwa kondisinya bukan masalah serius dan bisa sembuh dengan sendirinya.

Faktanya, asam urat adalah kondisi yang perlu diwaspadai dan diobati karena bisa memicu komplikasi seperti terbentuknya tophi, menyebabkan kerusakan permanen pada persendian, hingga masalah jantung.

Asam urat sudah sembuh ketika rasa sakit tak lagi muncul

Mitos selanjutnya mengenai asam urat yaitu gout dianggap sudah sembuh jika rasa nyeri mereda dan tak lagi muncul. Faktanya, serangan asam urat masih bisa terjadi apabila tidak diobati dengan benar.

Asam urat dapat sembuh hanya dengan perubahan pola makan

Pengobatan gout bertujuan untuk menurunkan kadar asam urat Anda hingga 6 mg/dL atau di bawahnya untuk mencegah kristal asam urat. Untuk bisa benar-benar menurunkan kadar uric acid, penderita asam urat perlu minum obat. Perubahan pola makan saja hanya bisa menurunkan kadar asam urat sebesar 1,0 mg/dl, menurut Gout and Uric Acid Education Society.

Obat herbal asam urat

Diberitakan Kontan.co.id sebelumnya, asam urat tinggi dalam tubuh dapat menyebabkan berbagai jenis penyakit, termasuk encok yang sering orangtua derita. Selain menggunakan pengobatan medis, obat asam urat herbal pun bisa Anda jadikan pilihan.

Penyebab encok adalah asam urat yang menumpuk di darah. Kemudian, menumpuk di bagian sendi sehingga menyebabkan inflamasi dan rasa tidak nyaman saat Anda menggerakkan sendi.

Mengutip Healthline, ada tiga obat asam urat herbal yang bisa Anda coba. Berikut obat asam urat herbal:

Jahe

Obat asam urat herbal pertama yang bisa Anda coba adalah jahe. Jahe bisa menurunkan jumlah asam urat berlebih dalam tubuh dengan menurunkan jumlah serum asam urat.

Anda bisa mengonsumsi jahe dalam bentuk minuman. Rebuslah dua sendok makan jahe selama 10 menit. Minumlah rebusan tersebut sebanyak tiga kali dalam satu hari.

Tapi, mengonsumsi jahe bisa menimbulkan efek samping, ya. Jadi jangan lupa, untuk tetap konsultasi dengan dokter terlebih dahulu.

Cuka Apel, air lemon, dan kunyit

Cuka apel, air lemon, dan kunyit bisa jadi obat herbal asam urat dengan rasa yang enak. Healthline menyebutkan, memang belum ada penelitian yang membuktikan cuka apel bisa menyembuhkan asam urat.

Namun, cuka apel bisa untuk meningkatkan fungsi ginjal. Sedangkan air lemon dan kunyit sudah terbukti bisa menurunkan jumlah asam urat dalam tubuh.

Campurkan perasan setengah lemon dalam segelas air hangat. Jangan lupa untuk menambahkan dua sendok teh kunyit dan satu sendok teh cuka apel. Minum campuran ini sebanyak dua hingga tiga kali dalam sehari.

Apel

Menurut Healthline, apel adalah obat herbal asam urat paling ampuh. Malic acid dalam apel bisa menurunkan jumlah asam urat dalam tubuh. Namun, belum ada penelitian yang bisa membuktikan hal ini.

Anda bisa mengonsumsi sebuah apel tiap hari. Jangan mengonsumsinya secara berlebihan karena bisa menyebabkan hyperuricemia sehingga memperparah asam urat.

Itulah berbagai obat herbal asam urat dan mitos asam urat yang tidak perlu dipercayai lagi. Segera hubungi dokter jika sakit berlanjut.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News




TERBARU
Kontan Academy
Success in B2B Selling Omzet Meningkat dengan Digital Marketing #BisnisJangkaPanjang, #TanpaCoding, #PraktekLangsung

[X]
×