Manfaat vitamin E dan resikonya yang perlu Anda hindari

Senin, 10 Agustus 2020 | 12:59 WIB   Reporter: Belladina Biananda
Manfaat vitamin E dan resikonya yang perlu Anda hindari

ILUSTRASI. Mengonsumsi sayuran hijau bisa jadi salah satu cara untuk mendapat manfaat vitamin E.

KONTAN.CO.ID - JAKARTA. Vitamin E merupakan salah satu vitamin penting yang dibutuhkan tubuh. Cara terbaik untuk mendapat manfaat vitamin E adalah dengan mengonsumsi makanan bergizi. Mengonsumsi suplemen justru bisa membuat tubuh kelebihan vitamin E sehingga tidak baik untuk kesehatan.

Manfaat vitamin E bisa Anda dapatkan dengan mengonsumsi beberapa jenis makanan. Mulai dari kacang-kacangan, seperti almon, dan minyak sayur. Mengutip dari Live Science (livescience.com), biji bunga matahari dan sayuran hijau, seperti bayam atau brokoli, juga kaya akan vitamin E.

Baca Juga: Cara menghilangkan bruntusan di dahi ini perlu Anda coba

Masih dari laman yang sama, National Institute of Health menyebutkan bahwa seseorang dengan usia lebih dari 14 tahun membutuhkan vitamin E sebanyak 15 mg. Wanita menyusui membutuhkan jumlah vitamin E yang lebih banyak, yaitu 19 mg.

Live Science menyebutkan bahwa kondisi tubuh seseorang yang kekurangan vitamin E jarang terjadi. Biasanya, kekurangan vitamin E dialami oleh bayi, malabsorpsi lemak, dan abetalipoproteinemia (kondisi yang menghalangi tubuh menyerap jenis lemak tertentu).

Anda cukup mengonsumsi makanan bergizi untuk mendapat manfaat vitamin E. Anda tidak perlu mengonsumsi suplemen tambahan. Jika memang Anda ingin atau harus mengonsumsinya, konsultasikan terlebih dahulu kepada dokter untuk menghindari hal yang tidak diinginkan.

Manfaat Vitamin E

Vitamin E berfungsi sebagai antioksidan utama di mana menjaga sel dari kerusakan akibat radikal bebas. Live Science juga menyebutkan bahwa manfaat vitamin E adalah bisa menurunkan resiko penyakit jantung, kanker, bahkan demensia.

Baca Juga: 3 obat penghilang bekas jerawat ampuh yang bisa Anda buat di rumah

Sebagai antioksidan yang ampuh, vitamin E bisa melawan infeksi dengan mengaktifkan sistem imun tubuh. Tak hanya itu, manfaat vitamin E juga bisa untuk merawat penglihatan.

Resiko Vitamin E

Selain mendapat manfaat vitamin E, resikonya juga perlu Anda waspadai, ya. Seperti yang telah dikatakan, mengonsumsi suplemen tambahan vitamin E bisa menimbulkan masalah, seperti diare, mual, pusing, dan masalah lainnya.

Vitamin E disimpan dalam tubuh dan tidak bisa dikeluarkan melalui air kencing. Jika ada di tubuh dalam jumlah banyak, vitamin E justru bisa berubah menjadi racun yang membahayakan. Terlalu banyak suplemen vitamin E bisa menyebabkan pendarahan, kelelahan, dan lain sebagainya.

Editor: Belladina Biananda


Terbaru