Kecantikan & Kebugaran

3 obat penghilang bekas jerawat ampuh yang bisa Anda buat di rumah

Kamis, 06 Agustus 2020 | 12:39 WIB   Reporter: Belladina Biananda
3 obat penghilang bekas jerawat ampuh yang bisa Anda buat di rumah

ILUSTRASI. Lemon bisa Anda gunakan sebagai obat penghilang bekas jerawat. Foto Dok Wikipedia

KONTAN.CO.ID - JAKARTA. Jerawat adalah salah satu masalah kulit yang dialami oleh banyak orang. Apalagi, bagi remaja yang sedang mengalami masa puber. Obat penghilang bekas jerawat pun selalu dicari agar kulit wajah sehat.

Jerawat terjadi akibat kondisi hormon yang tidak seimbang. Perubahan hormon menyebabkan produksi minyak di kulit menjadi berlebih. Pori-pori wajah pun tersumbat sehingga bakteri mudah berkembang.

Biasanya, Anda menjadi tidak sabar saat ada jerawat yang muncul dan berusaha untuk menghilangkannya menggunakan tangan. Padahal, tangan Anda tak selamanya bersih.

Usaha Anda untuk menghilangkan jerawat menggunakan tangan justru membuat jerawat meninggalkan bekas, lo. Bekas jerawat yang muncul bisa hilang dalam waktu yang berbeda-beda.

Baca Juga: Ampuh! Inilah obat herbal pilek anak yang wajib Anda coba

Mengutip Mirror, Anda bisa menggunakan obat penghilang bekas jerawat dari bahan-bahan alami yang mudah untuk didapat. Berikut bahan-bahan alami sebagai obat penghilang bekas jerawat:

Aloe Vera

Aloe vera alias lidah buaya memiliki kandungan antiinflamasi dan antibakteri sehingga cocok digunakan sebagai obat penghilang bekas jerawat. Anda bisa mencampurkan satu sendok makan gel aloe vera dengan dua-tiga tetes minyak tea tree.

Aplikasikan campuran tersebut pada bekas jerawat dan diamkan selama 10-15 menit. Setelah itu, bersihkan menggunakan air dingin. Anda bisa menggunakan aloe vera setiap hari sebagai obat penghilang bekas jerawat.

Lemon

Lemon mampu menghilangkan sel kulit mati dan menstimulasi pertumbuhan sel kulit baru. Lemon membuat kulit menjadi lebih bersih dan elastis ketika dipakai secara rutin.

Cara menggunakan lemon sebagai obat penghilang bekas jerawat adalah membuat campuran lemon dan madu. Gabungkan dua bahan alami tersebut dengan jumlah perbandingan yang sama. Aplikasikan pada bekas jerawat selama 10-15 menit kemudian bilas menggunakan air.

Baca Juga: Ampuh! Inilah cara menghilangkan sakit gigi dalam 5 menit

Minyak kelapa

Selain lemon dan aloe vera, minyak kelapa juga bisa Anda gunakan sebagai obat penghilang bekas jerawat. Kandungan asam lemak dan vitamin E yang tinggi mampu membuat bekas jerawat hilang.

Anda bisa mengaplikasikan minyak kelapa pada kulit wajah untuk menghilangkan bekas jerawat. Pijat area kulit yang ada bekas jerawatnya menggunakan minyak kelapa selama 10-15 menit.

Setelah itu, diamkan dulu selama satu jam, kemudian bilas menggunakan air hangat.

Editor: Belladina Biananda


Terbaru