kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45900,82   11,02   1.24%
  • EMAS1.333.000 0,45%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

Manfaat Teh Hitam Untuk Menurunkan Diabetes, Cek 10 Khasiat Ini


Senin, 13 Mei 2024 / 14:03 WIB
Manfaat Teh Hitam Untuk Menurunkan Diabetes, Cek 10 Khasiat Ini
ILUSTRASI. Teh hitam


Penulis: Ryan Suherlan

KONTAN.CO.ID - Manfaat teh hitam untuk menurunkan risiko diabetes adalah salah satu khasiat yang penting diketahui. Tak hanya itu, banyak manfaat teh hitam lainnya juga bisa didapatkan jika diolah dan dikonsumsi dengan benar.

Teh hitam dengan rasanya yang khas dan warnanya yang gelap, telah menjadi minuman yang sangat populer di seluruh dunia. 

Selain rasa dan aroma yang kaya, teh hitam juga memiliki sejumlah manfaat kesehatan yang mengesankan. Minum teh hitam secara teratur dapat membantu meningkatkan kesehatan tubuh Anda.

Baca Juga: Manfaat Kulit Sawo Untuk Menurunkan Kolesterol, Simak 5 Khasiat Lainnya

Melansir dari Healthline, berikut beragam manfaat teh hitam untuk kesehatan tubuh di antaranya:

Menurunkan Risiko Diabetes

Beberapa penelitian menunjukkan bahwa konsumsi teh hitam dapat membantu mengendalikan kadar gula darah. Teh hitam mengandung senyawa yang disebut polifenol, yang dapat membantu meningkatkan sensitivitas insulin dan mengatur gula darah.

Kandungan Antioksidan Tinggi

Teh hitam mengandung antioksidan kuat, seperti polifenol, flavonoid, dan katekin. Antioksidan ini membantu melawan radikal bebas dalam tubuh yang dapat menyebabkan kerusakan sel dan berkontribusi pada berbagai penyakit kronis, termasuk kanker dan penyakit jantung.

Baca Juga: Mampu Meningkatkan Kesehatan Mata, Ini Manfaat Lain Dari Sayuran Hijau

Mendukung Kesehatan Jantung

Minum teh hitam secara teratur dapat membantu meningkatkan kesehatan jantung. Komponen teh hitam, seperti flavonoid, dapat membantu mengurangi risiko penyakit jantung dengan menurunkan tekanan darah, meningkatkan kesehatan pembuluh darah, dan mengurangi kadar kolesterol jahat.

Meningkatkan Fungsi Otak

Kandungan kafein dalam teh hitam dapat membantu meningkatkan kewaspadaan dan konsentrasi. Selain itu, teh hitam mengandung asam amino L-theanine, yang dapat membantu mengurangi stres dan meningkatkan suasana hati. Kombinasi kafein dan L-theanine dapat memberikan dorongan kognitif yang sehat.

Meningkatkan Pencernaan

Teh hitam mengandung senyawa seperti tannin, yang dapat membantu memperlancar pencernaan. Ini bisa membantu mengurangi masalah pencernaan seperti sembelit.

Baca Juga: Obat Trigeliserida Tinggi Alami, Sudah Coba 6 Hal Berikut?

Mendukung Pengelolaan Berat Badan

Kandungan kafein dalam teh hitam dapat membantu meningkatkan metabolisme tubuh, yang pada gilirannya dapat membantu dalam pengelolaan berat badan. Teh hitam juga dapat membantu mengurangi nafsu makan, sehingga Anda mungkin cenderung makan lebih sedikit.

Manfaat Kesehatan Tulang

Sejumlah penelitian menunjukkan bahwa teh hitam dapat membantu dalam kesehatan tulang. Ini mungkin karena teh hitam mengandung mineral seperti kalsium, fluor, dan mangan, yang mendukung pertumbuhan tulang yang sehat.

Perlindungan terhadap Kanker

Meskipun penelitian masih berlangsung, beberapa penelitian menunjukkan bahwa senyawa dalam teh hitam, seperti katekin, dapat memiliki sifat antikanker dan melindungi tubuh dari pertumbuhan sel kanker.

Baca Juga: Mampu Menurunkan Berat Badan, Ini 7 Manfaat Teh Jahe Lainnya Untuk Kesehatan

Menyegarkan Tubuh

Teh hitam mengandung kafein yang memberikan dorongan energi dan membantu menjaga kewaspadaan. Ini bisa menjadi pilihan yang baik untuk mengatasi kelelahan dan menghilangkan rasa kantuk.

Kesehatan Kulit yang Lebih Baik

Antioksidan dalam teh hitam dapat membantu memerangi penuaan kulit dan mempromosikan kulit yang lebih sehat. Banyak produk perawatan kulit juga menggunakan teh hitam sebagai bahan aktif.

Namun, penting untuk diingat bahwa konsumsi teh hitam harus seimbang, dan terlalu banyak kafein bisa memiliki efek samping. Orang dengan kondisi kesehatan tertentu atau yang rentan terhadap efek kafein harus berkonsultasi dengan profesional medis sebelum mengonsumsi teh hitam secara berlebihan.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News




TERBARU
Kontan Academy
Success in B2B Selling Omzet Meningkat dengan Digital Marketing #BisnisJangkaPanjang, #TanpaCoding, #PraktekLangsung

[X]
×