kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45923,49   -7,86   -0.84%
  • EMAS1.319.000 -0,08%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

Manfaat masker pepaya beserta cara membuatnya


Rabu, 28 Oktober 2020 / 13:42 WIB
Manfaat masker pepaya beserta cara membuatnya


Penulis: Belladina Biananda

KONTAN.CO.ID - JAKARTA. Tak hanya efektif melancarkan sistem pencernaan, pepaya juga bisa meningkatkan kesehatan kulit. Anda bisa menggunakan bahan alami ini sebagai masker. Kandungan vitamin dan mineral dalam masker pepaya memberikan banyak keuntungan untuk kondisi kulit Anda.

Mengutip dari Stylecraze (stylecraze.com), ada beberapa manfaat yang bisa Anda dapat dari masker pepaya. Pertama, potasium dalam pepaya mampu menghidrasi kulit dengan baik. Dengan begitu, kulit tidak akan terlihat kusam.

Kedua, pepaya mengandung antibakteri dan antijamur yang mampu mencegah dan mengobati jerawat. Ketiga, pepaya menstimulus produksi kolagen. Artinya, kulit akan terasa lebih lembut dan kenyal.

Tak hanya itu, pepaya juga bisa digunakan sebagai bahan eksfoliasi yang mampu membersihkan sel kulit mati. Untuk mendapat manfaa-manfaat tersebut, Anda bisa membuat masker pepaya dengan menggabungnya bersama bahan alami yang lain.

Baca Juga: 4 Cara menghilangkan flek hitam secara alami

Pepaya dan Susu

Seperti yang telah dikatakan, pepaya berfungsi untuk melembabkan kulit. Di sisi lain, asam folat dari susu mampu berperan sebagai pengangkat sel kulit mati alami. Namun, Anda perlu berhati-hati jika alergi dengan produk olahan susu.

Caranya, campurkan ½ pepaya yang sudah dihancurkan dengan 1 sdm madu dan 2 sdt susu. Jika Anda alergi susu, gantilah susu dengan menambah porsi madu. Aduk campuran tersebut sampai berbentuk pasta. Anda bisa menggunakan masker pepaya ini sebanyak satu hingga dua kali dalam seminggu.

Pepaya, Madu, dan Lemon

Masker pepaya, lemon, dan madu bisa membersihkan kotoran penyumbat pori-pori.

Jika kulit Anda mudah berjerawat, Stylecraze merekomendasikan masker yang terbuat dari pepaya, madu, dan lemon. Vitamin C dalam lemon mampu membersihkan kotoran yang menyumbat pori-pori. Selain itu, ukuran pori-pori juga bisa mengecil karena adanya astringen dalam lemon.

Pertama, remukkan ½ pepaya sampai halus lalu campurkan dengan 1 sdt madu dan 1 sdt air lemon. Aplikasikan masker pepaya pada wajah dan leher dan diamkan sampai kering selama 10 hingga 15 menit lalu bilas dengan air. Anda bisa memakai bahan ini tiap tiga atau empat hari sekali.

Baca Juga: Ternyata buah pepaya punya segudang manfaat, berikut rinciannya

Pepaya, Timun, dan Pisang

Kombinasi bahan alami yang efektif melembabkan dan mencerahkan kulit berasal dari pepaya, timun, dan pisang. Tak hanya itu, kemunculan jerawat juga bisa berkurang. Bahan yang perlu Anda siapkan adalah 1/4 gelas pepaya, 1/4 gelas pisang, dan 1/2 timun.

Campur semua bahan tersebut. Anda bisa memakai blender agar lebih mudah. Setelah berbentuk pasta, aplikasikan pada wajah dan leher lalu diamkan selama 15 menit. Anda bisa membilasnya dengan air hangat dulu kemudian lanjutkan dengan air dingin. Gunakan masker pepaya ini sekali seminggu.

Selanjutnya: Ingin tahu cara memutihkan kulit? Pakai 4 bahan alami ini!

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News




TERBARU
Kontan Academy
EVolution Seminar Supply Chain Management on Sales and Operations Planning (S&OP)

[X]
×