Tips Sehat

4 Cara menghilangkan flek hitam secara alami

Selasa, 20 Oktober 2020 | 10:20 WIB   Penulis: Belladina Biananda
4 Cara menghilangkan flek hitam secara alami

ILUSTRASI. Cara menghilangkan flek hitam secara alami bisa dengan memanfaatkan pepaya.


KONTAN.CO.ID - JAKARTA. Flek hitam bisa muncul di wajah dan sering kali mengganggu penampilan. Apalagi jika kemunculannya tak bisa ditutupi oleh concealer atau alat make up lainnya. Cara menghilangkan flek hitam secara alami berikut ini patut Anda coba untuk mengatasi masalah itu.

Pepaya

Flek hitam bisa hilang dengan membersihkan lapisan teratas kulit. Salah satunya adalah dengan memakai alpha-hidroxy acid atau AHA yang ada dalam pepaya. Kandungan alami ini akan mengangkat sel kulit mati dan mencegah tanda-tanda penuaan dini yang terlihat pada kulit.

Mengutip dari Byrdie (byrdie.com), selain membersihkan sel kulit mati, kandungan dalam pepaya juga berfungsi untuk meningkatkan produksi kolagen. Caranya pun cukup mudah, yaitu cukup remukkan pepaya hingga halus lalu gunakan sebagai masker.

Sebelum dibersihkan, gosok masker pepaya yang tertempel pada wajah dengan gerakan memutar. Hal itu dilakukan untuk memaksimalkan pengangkatan sel kulit mati. Dengan rutin melakukan cara ini, flek hitam akan berkurang dan wajah terlihat lebih cerah.

Baca Juga: 4 Cara mengatasi wajah kering yang efektif

Kunyit

Kunyit bisa dimanfaatkan sebagai cara menghilangkan flek hitam secara alami.

Cara menghilangkan flek hitam secara alami lainnya adalah dengan memakai kunyit. Bahan alami ini berfungsi untuk mencegah produksi melanin sehingga hiperpigmentasi penyebab flek hitam bisa berkurang.

Anda perlu mencampurkan kunyit dan madu dengan perbandingan 1:1. Jika kulit Anda tidak sensitif dan tidak ada bekas luka di wajah, Anda bisa menambahkan beberapa tetes air lemon. Tujuannya agar kulit wajah cerah lebih cepat.

Yogurt

Byrdie mengatakan yogurt adalah bahan alami lainnya untuk mengurangi flek hitam. Selain bisa mengangkat sel kulit mati, asam laktat dalam yogurt juga berfungsi untuk menyeimbangkan pH kulit, mengurangi kemerahan kulit, mencerahkan kulit, dan memperbaiki tekstur kulit.

Anda bisa menggunakan yogurt secara langsung dan mengkombinasikannya dengan bahan alami lainnya. Misal, menambah madu untuk mengobati jerawat atau menambahkan oatmeal untuk melembabkan kulit yang kering.

Baca Juga: 4 Cara memutihkan wajah dengan bahan alami

Lidah Buaya

Selain bahan-bahan yang telah disebutkan, cara menghilangkan flek hitam juga bisa dilakukan dengan memanfaatkan lidah buaya. Bahan alami ini cocok digunakan untuk flek hitam yang terjadi akibat luka. Flek hitam tersebut bisa tersamarkan jika kelembaban kulit Anda terjaga.

Anda bisa menggunakan lidah buaya langsung pada kulit untuk menghilangkan flek hitam. Jika Anda tak bisa menemukan tumbuhan lidah buaya langsung di sekitar tempat tinggal, Anda bisa menggunakan gel lidah buaya yang banyak dijual di pasaran.

Selanjutnya: 13 Cara menhilangkan tahi lalat secara alami, bahannya mudah didapat

Editor: Belladina Biananda
Terbaru