4 Cara mengatasi wajah kering yang efektif

Selasa, 13 Oktober 2020 | 12:00 WIB   Penulis: Belladina Biananda
4 Cara mengatasi wajah kering yang efektif

ILUSTRASI. Cara mengatasi wajah kering bisa Anda lakukan dengan tidak terlalu sering mandi atau cuci muka.

KONTAN.CO.ID - Siapa yang punya kulit kering? Cara mengatasi wajah kering Anda perlu lakukan agar kondisi tersebut tak semakin parah.

Biasanya, tipe kulit kering ditandai dengan beberapa gejala. Mulai dari kulit yang terasa kasar, berwarna kemerahan, mengelupas, hingga berdarah. 

Mengutip Healthline.com, penyebab kulit kering adalah kulit tak memiliki cukup air dan minyak. Ada beberapa faktor yang menyebabkan terjadinya hal itu, misalnya, perubahan cuaca atau terkena paparan sinar matahari yang terlalu banyak.

Jika tak ditangani secara serius, kulit kering bisa terluka. Cara mengatasi wajah kering berikut ini layak Anda icoba untuk mencegah infeksi bakteri saat kulit terluka:

Jangan terlalu sering mandi

Terlalu sering terkena air membuat kulit menjadi semakin sering. Maka dari itu, usahakan untuk tidak mandi lebih dari satu kali dalam sehari jika benar-benar tidak dibutuhkan. Anda juga perlu membatasi waktu mandi untuk tidak lebih dari 10 menit.

Pastikan pula untuk menggunakan air hangat atau air dingin. Mandi atau mencuci muka menggunakan air panas justru membuat kondisi kulit menjadi lebih kering karena air panas menghilangkan minyak alami kulit.

Baca Juga: 4 Cara memutihkan wajah dengan bahan alami

Pilih sabun cuci muka

Cara mengatasi wajah kering selanjutnya, menurut Healthline.com, adalah dengan memilih sabun cuci muka yang sesuai dengan kondisi kulit Anda. Hindari menggunakan pembersih yang mengandung alkohol atau retinoid.

Bahan-bahan tersebut bisa memperparah kondisi kulit karena menyebabkan iritasi dan peradangan. Anda bisa memilih pembersih lain yang lebih melembabkan, misalnya, terbuat dari glikol polietilen, lanolin, atau parafin.

Pakai pelembab

Agar bisa memberikan efek maksimal, Anda perlu memakai pelembab setelah mandi atau cuci muka. Alih-alih menggunakan pelembab yang terbuat dari alkohol dan pewangi, Anda bisa memilih pelembab berbahan dasar minyak.

Produk yang terbuat dari petrolatum juga tak salah untk dipilih. Bahan tersebut dinilai efektif mencegah penguapan air dari kulit. Selain itu, pilihlah pelembab yang mengandung sunscreen agar mampu melindungi kulit dari paparan sinar matahari.

Baca Juga: 5 Cara terbaik mencerahkan wajah yang wajib dicoba

Gunakan humidifier

Salah satu faktor yang menyebabkan kulit seseorang menjadi kering adalah kelembaban di sekitarnya yang menurun. Maka dari itu, cara mengatasi wajah kering bisa Anda coba dengan menggunakan humidifier.

Gunakan humidifier di ruangan yang sering Anda gunakan agar kulit tak semakin kering. Selain itu, pastikan untuk membersihkan humidifier secara rutin agar tak ada bakteri atau kotoran lain yang menumpuk.

Selanjutnya: 5 Cara merawat wajah pria terbaik agar bersih dan sehat

Editor: Belladina Biananda
Terbaru