kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45923,49   -7,86   -0.84%
  • EMAS1.319.000 -0,08%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

4 Cara memutihkan wajah dengan bahan alami


Selasa, 06 Oktober 2020 / 09:15 WIB
4 Cara memutihkan wajah dengan bahan alami
ILUSTRASI. Oatmeal bisa dimanfaatkan sebagai cara memutihkan wajah. Kontan/Alri kemas


Penulis: Belladina Biananda

KONTAN.CO.ID - JAKARTA. Wajah kusam dan tidak cerah merupakan salah satu masalah kulit yang dialami oleh banyak orang. Selain menggunakan produk perawatan kulit yang dijual di pasaran, cara memutihkan wajah juga bisa menggunakan bahan alami, lo.

Ada banyak hal yang menyebabkan kulit wajah terlihat lebih gelap. Mulai dari sel kulit mati yang menumpuk, polusi, hingga paparan sinar UV. Mengutip dari Be Beautiful, paparan sinar matahari bisa membuat kulit menjadi kering, gelap, dan kusam.

Untuk mencegah hal itu, Anda perlu menjaga kebersihan kulit wajah. Jangan lupa untuk menggunakan pelembab, serum, dan sunscreen agar kesehatan pori-pori tetap terjaga. Agar kulit wajah tetap dan semakin terlihat cerah, bahan-bahan alami berikut bisa Anda manfaatkan untuk perawatan kulit.

Jeruk dan Madu

Untuk kulit berminyak dan mudah berjerawat, Be Beautiful merekomendasikan masker yang terbuat dari kulit jeruk dan madu. Vitamin C dari jeruk mampu mencerahkan kulit, sementara antibakteri dalam madu bisa dimanfaatkan untuk melindungi kesehatan wajah.

Baca Juga: 5 Cara terbaik mencerahkan wajah yang wajib dicoba

Selain mencerahkan, vitamin C juga berfungsi untuk menghilangkan komedo, sel kulit mati, jerawat, dan noda bekas jerawat. Untuk hasil yang lebih maksimal, Anda bisa menambahkan minyak kelapa atau susu dalam campuran madu dan jeruk.

Pepaya dan Oatmeal

Cara memutihkan wajah bisa menggunakan pepaya.

Selain melancarkan sistem pencernaan, tahukah Anda bahwa pepaya juga bermanfaat untuk mencerahkan kulit wajah? Bahan alami ini berfungsi lebih maksimal jika Anda mencampurnya dengan oatmeal. Oatmeal berperan untuk mengangkat sel kulit mati yang menyumbat pori-pori.

Lemon

Cara memutihkan wajah selanjutnya bisa Anda coba dengan menggunakan lemon. Sama seperti jeruk, lemon mengandung banyak vitamin C yang bisa mencerahkan kulit wajah.

Baca Juga: 4 Masker lidah buaya beserta cara membuatnya

Tak hanya itu, kandungan antibakteri dan antijamur membuat bahan alami ini efektif melawan komedo dan mengangkat sel kulit mati. Hasilnya, kulit akan terasa lebih lembut, kenyal, dan terlihat lebih cerah. Be Beautiful mengatakan, Anda bisa menggunakan kulit lemon sebagai scrub atau air lemon semalaman.

Labu dan Tepung Beras

Labu mengandung banyak nutrisi yang dibutuhkan kulit agar terlihat lebih cerah, yaitu antioksidan, vitamin A, vitamin C, dan beta karoten. Kondisi wajah akan semakin terjaga saat Anda menggunakan madu dan tepung berasa bersamaan.

Tepung beras mampu menghilangkan komedo dan minyak berlebih tanpa membuat kulit menjadi kering. Tekstur tepung beras yang kasar juga cocok digunakan untuk membersihkan sel kulit mati. Anda bisa membuat masker dari labu dan tepung yang dicampur dengan minyak kelapa.

Selanjutnya: Manfaat masker kopi bagi wajah, bisa cegah penuaan, obat jerawat dll

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News




TERBARU
Kontan Academy
EVolution Seminar Supply Chain Management on Sales and Operations Planning (S&OP)

[X]
×